Simulasi gatecycle pengaruh gasifikasi boiler dari marine fuel oil menjadi bahan bakar gas terhadap performa pembangkit listrik tenaga uap 50 MW UBP Perak : (studi kasus PLTU PT. Indonesia Power Perak, Surabaya)

Taqriri, Faizal Hafiz (2015) Simulasi gatecycle pengaruh gasifikasi boiler dari marine fuel oil menjadi bahan bakar gas terhadap performa pembangkit listrik tenaga uap 50 MW UBP Perak : (studi kasus PLTU PT. Indonesia Power Perak, Surabaya). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2110100019-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
2110100019-Undergraduate-Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)
merupakan pembangkit listrik yang paling banyak berkontribusi
dalam penyediaan energi dalam bentuk listrik. Pembangkit
Listrik Tenaga Uap pada umumnya menggunakan bahan bakar
batu bara atau minyak. Namun harga bahan bakar batu bara dan
minyak yang kian melonjak menyebabkan pembengkakan nominal
biaya operasi PLTU itu sendiri. Marine Fuel Oil (MFO) sebagai
bahan bakar yang selama ini digunakan boiler pada PLTU UBP
Perak dirasa kurang efisien dalam penggunaannya, sedangkan
Bahan Bakar Gas dengan harga yang lebih rendah dibanding
Marine Fuel Oil, memiliki Low Heating Value (LHV) yang lebih
tinggi. Selain itu, Bahan Bakar Gas memiliki ukuran partikel
yang lebih kecil dibandingkan dengan partikel Marine Fuel Oil,
semakin kecil partikel bahan bakar, maka proses terbakarnya
bahan bakar semakin cepat, Bahan Bakar Gas menghasilkan gas
emisi polutan sisa pembakaran yang bersih dari SO2 dan SO3.
Pada tugas akhir ini akan dicari bagaimana pengaruh variasi
bahan bakar Marine Fuel Oil dan Bahan Bakar Gas dengan
perubahan pembebanan terhadap performa pembangkit listrik.
Analisa yang digunakan pada tugas akhir ini
menggunakan analisa termodinamika, ASME PTC 6 dan dibantu
dengan software GateCycle 5.61.0.r. GateCycle merupakan
vi
software yang dapat menghitung design pembangkit yang
dimodelkan. Data pembangkit existing didapat dari P&ID, dari
P&ID tersebut disusun permodelan pembangkit yang dibuat sama
dengan keadaan pembangkit dalam keadaan nyata. Setelah
permodelan dilakukan, selanjutnya akan dilakukan adalah
memvariasikan bahan bakar boiler dan variasi pembebanan.
Setelah itu dilakukan perbandingan hasil antara perhitungan
termodinamika dengan hasil yang didapat dari GateCycle. Hal
tersebut dilakukan agar dapat diketahui perbedaan (error) yang
terjadi antara perhitungan secara termodinamika dengan hasil
yang ditunjukan oleh software GateCycle. Setelah itu dilakukan
perhitungan analisa pada variasi yang menunjukan performance
dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) PT. Indonesia
Power UBP. Perak.
Hasil dari analisa Simulasi GateCycle yang telah
dilakukan penggantian bahan bakar dari Marine Fuel Oil
menjadi Bahan Bakar Gas pada pembebanan pembangkit sebesar
100% didapatkan flowrate bahan bakar yang diumpankan ke
dalam boiler mengalami penurunan sebesar 17,08%, untuk
flowrate excess air yang dibutuhkan agar terjadi pembakaran
yang baik mengalami penurunan sebesar 9,5%, Heat Rate yang
dihasilkan mengalami penurunan sebesar 0,94% yang identik
dengan peningkatan effisiensi pembangkit sebesar 0,95%,
Effisiensi Boiler yang didapatkan pun meningkat sebesar 1,1%.
=============================================================================================
In Indonesia, Steam Power (power plant) is the most
power stations contribute to the provision of energy in the form of
electricity. Steam Power Plant generally use coal or fuel oil. But
the price of coal and fuel oil jumped increasingly causing
swelling of nominal power plant operating costs it self. Marine
Fuel Oil (MFO) as fuel for boilers used in power plant UBP
Perak is less efficient in its use, while gas fuel at a price lower
than the Marine Fuel Oil, has a Low Heating Value (LHV) is
higher. Additionally, Fuel Gas has a particle size smaller than the
particle Marine Fuel Oil, the smaller the particle fuel, the process
of burning the fuel more quickly, Fuel Gas produces gas pollutant
emissions clean combustion of SO2 and SO3. In this final project
will look for how the effects of variations in fuel Marine Fuel Oil
and Fuel Gas with changes in loading on the performance of the
power plant.
The analysis used in this final project using the
thermodynamic analysis, ASME PTC 6 and assisted with software
GateCycle 5.61.0.r. GateCycle is a software that can calculate
plant design being modeled. Data obtained from the existing
plant P&ID, from the P&ID is composed of modeling plant made
viii
the same with the real state of the plant in the state. Once the
modeling is done, would do next is to vary the boiler fuel and
load variations. After that, is done a comparison between the
results of thermodynamic calculations with the results obtained
from GateCycle. This is done in order to know the difference
(error) which occurs between thermodynamic calculations with
the results shown by the software GateCycle. After the analysis of
the variation calculation which shows the performance of Steam
Power (power plant) PT. Indonesia Power UBP. Perak.
Simulation results of the analysis that has been done
GateCycle the fuel replacement of Marine Fuel Oil into Fuel Gas
in the imposition of 100% plant obtained flowrate of fuel being
fed into the boiler decreased by 17,08%, to flowrate excess air
needed to occur good combustion decreased by 9,5%, resulting
Heat Rate decreased by 0,94% which is identical with an increase
in plant efficiency of 0,95%, obtained Boiler efficiency increased
by 1,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 621.402 5 Taq s
Uncontrolled Keywords: Variasi bahan bakar, performance
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > Marine gas-turbines
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 26 Nov 2019 07:23
Last Modified: 26 Nov 2019 07:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72046

Actions (login required)

View Item View Item