Model Perhitungan Teknis Ekonomis Dari Ketersediaan Peralatan Bongkar Muat Container Crane Pada PT. Terminal Petikemas Surabaya

Fikri, Iqbal (2003) Model Perhitungan Teknis Ekonomis Dari Ketersediaan Peralatan Bongkar Muat Container Crane Pada PT. Terminal Petikemas Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4197100037-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4197100037-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Setiap peralatan bongkar muat mempunyai fungsi utama yaitu
mengangkat, memindahkan, dan meletakkan barang. Tugas ini dapat
dilakukan dengan baik bila peralatan bongkar muat berfungsi dengan
baik pula.
Ukuran dari ketersediaan (availability) sebuah peralatan
bongkar muat di pelabuhan -dalam hal ini container crane- dapat
direpresentasikan dalam rasio antara waktu dimana container crane
tersebut tersedia untuk digunakan dengan dengan waktu total dari
pengamatan.
Sebuah model ketersediaan dari container crane itu sendiri
dapat didesain dengan menganalisis faktor-faktor reliability, jenis
kerusakan, frekuensi kejadian, dan kegiatan pemeliharaan dari
container crane terse but.
Dalam memprediksi hal tersebut digunakan bantuan konsepkonsep
probabilitas dan stokastik sebagai alat untuk mendapatkan
hasil-hasil dan nilai-nilai yang terukur. Hal ini disebabkan variasi
kemungkinan kejadian yang terjadi cukup banyak, dan konsep
probabilitas dan stokastik dapat menampilkan model kejadian empiris
dengan jelas.
Model ketersediaan ini diprediksikan menghasilkan tingkat
ketersediaan optimum yang juga secara ekonomis paling
menguntungkan.
========================================================================================================================
Every loading and discharge equipment has its main function as lifting,
moving, and placing cargo. These main tasks could and could only be done if
equipment stated in good functioning.
The measure of container crane availability represented by ratio
between time which container crane ready to be operated and total time of
observation.
An availability model itself could be designed by analyzing reliability,
failure types, failure frequency, and maintenance activities of the container
crane.
While predicting the availability, probability and stochastic concepts
was accorded as tools to gain measurable results. Since probability and
stochastic concepts can display failures frequency and variation, we may view
the phenomenon clearly.
The selected availability model will provide us optimum level of container
crane availability, and in another way resulting highest economic benefit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 620.004 52 Fik m
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS174 Maintainability (Engineering) . Reliability (Engineering)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 28 Nov 2019 06:41
Last Modified: 28 Nov 2019 06:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72103

Actions (login required)

View Item View Item