Studi Eksperimental Pengaruh Profil Gigi Terhadap Reganagan Dinamik Pada Roda Gigi Kerucut Lurus

Susanto, Dwi (2006) Studi Eksperimental Pengaruh Profil Gigi Terhadap Reganagan Dinamik Pada Roda Gigi Kerucut Lurus. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2100109621-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
2100109621-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (722kB) | Preview

Abstract

Salah satu cara yang diperlukan untuk memperpanjang umur dari sistem roda gigi adalah memperkecil getaran dan regangan dinamik yang terjadi pada kaki gigi. Getaran ini akan berpengaruh terhadap keausan dari roda gigi, menimbulkan kebisingan, dan juga kerusakan pada komponen mesin lainnya. Selain itu bentuk profil yang kurang tepat juga dapat berpengaruh terhadap besar kecilnya regangan dinamik yang terjadi pada kaki gigi. Untuk itu perlu dilakukan penelitian tentang bentuk profil yang bisa mereduksi regangan dinamik yang terjadi pada kaki gigi. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan bentuk profil gigi terhadap karakteristik dinamik dari roda gigi kerucut lurus yang berupa regangan dinamik pada kaki gigi. Analisa dilakukan dengan memvariasikan putaran pinion sebesar 500 rpm, 700 rpm, 900 rpm, 1100 rpm dengan beban torsi pada poros gear 245 – 285 Nm dan clearance yang dipakai 1.554 mm (clearance standart). Pada roda gigi pinion dihubungkan dengan motor, sedangkan roda gigi bevel diberi variasi beban dengan menggunakan rem tromol yang nantinya dihubungkan dengan torquemeter. Pemasangan strain gage dilakukan pada kaki gigi, dan untuk mengukur regangan dinamik yang terjadi pada kaki gigi dengan menggunakan digital dynamic strainmeter. Dari hasil eksperimen didapat, bahwa dengan melakukan modifikasi profil gigi berbentuk parabolik yang dimulai dari titik kontak pertama kali pada gigi, yaitu pada jarak 10,4 mm dari addendum, dan besarnya tip relif (pemotongan pada ujung gigi) adalah 0,161 mm untuk pinion dan 0,128 mm. Pada eksperimen ini terjadi penurunan regangan dinamik dari profil standar ke profil modifikasi untuk putaran sedang (500 rpm dan 700 rpm) sekitar 62%, sedangkan pada putaran tinggi (900 rpm dan 1100 rpm) sekitar 50%, ini terjadi hampir pada semua variasi putaran dan beban.
========================================================================================================================
One of way of which is needed to lengthen the age from gear system is minimize the vibration and strain dynamic that happened at tooth feet. This vibration will have an effect on to timeworn from gear, generating noise, as well as damage at other machine component. Others form the profile which less precisely also can have an effect on to big minimize the of strain dynamic that happened at tooth feet. For that require to be conducted by research of about profile form which can reduce the strain dynamic that happened at tooth feet. This research aim to to compare the form of tooth profile to characteristic dynamic from diametrical trapeze gear is which is in the form of strain dynamic at tooth feet. Analyses conducted with the variation of rotation pinion of equal to 500 rpm, 700 rpm, 900 rpm, 1100 rpm with the burden torsi at axis gear 245 - 285 Nm and clearance weared by 1.554 mm ( clearance standart). At gear pinion attributed to by motor, while gear bevel given by the variation of burden by using brakes tromol which is later attributed to by torquemeter. installation of Strain gage conducted at tooth feet, and to measure the strain dynamic that happened [at] tooth foot/feet by using digital of dynamic strainmeter. From experiment result got, that by conducting modification of tooth profile is in form of parabolic started from dot contact first time at tooth, that is at distance 10,4 mm from addendum, and level of tip relief is 0,161 mm for the pinion of and 0,128 mm. At this experiment is happened the degradation of strain dinamik from standard profile to modification profile for the rotation of ( 500 rpm and 700 rpm) about 62%, while at high rotation ( 900 rpm and 1100 rpm) about 50%, this happened almost at all of variation of rotation and burden.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 621.833 Sus s
Uncontrolled Keywords: pinion, bevel, regangan dinamik, strain gage, torquemeter, strainmeter, pinion, bevel, strain dynamic, strain gage, torquemeter, strainmeter
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ935 Pipe--Fluid dynamics. Tubes--Fluid dynamics
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:44
Last Modified: 04 Dec 2019 04:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72192

Actions (login required)

View Item View Item