Habibi, Fauzan and Bukhori, Kurnia Elok (2015) Perencanaan Peningkatan Jalan Ruas Turen - Batas Kabupaten Lumajang STA 33+000 - 37+000 Kabupaten Malang - Provinsi Jawa Timur - [Gambar Perencanaan]. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3112030092-3112030109 - Presentation.pdf - Presentation Download (840kB) | Preview |
Preview |
Text
3112030092-3112030092-Non_Degree.pdf - Accepted Version Download (7MB) | Preview |
Abstract
Ruas jalan Turen - batas Kabupaten Lumajang merupakan
jalan kolektor primer yang menghubungkan antara Malang dengan
Kabupaten Lumajang. Kerusakan struktur jalan di beberapa tempat
dan kurangnya saluran drainase yang memadai mengakibatkan
ketidak nyamanan dalam berkendara, maka dipandang perlu
penanganan peningkatan struktur dan kapasitas jalan agar dapat
menampung meningkatnya volume dan beban lalu lintas. Dalam
tugas akhir ini direncanakan peningkatan jalan dengan
menggunakan perkerasan lentur untuk ruas jalan Turen – batas
Kabupaten Lumajang pada STA 33+000 – 37+000.
Perencanaan peningkatan jalan ini meliputi perhitungan
analisa kapasitas jalan menggunakan Manual Kapasitas Jalan
Indonesia (MKJI 1997), perhitungan struktur perkerasan jalan
dengan menggunakan metode analisa komponen Departemen PU
Bina Marga, perencanaan tebal lapis tambah (overlay) dengan
Manual Pemeriksaan Perkerasan Jalan dengan Benkleman Beam,
kontrol geometrik jalan raya dengan menggunakan buku dasar –
dasar perencanaan geometrik jalan, perencanaan drainase dengan
menggunakan standart (Tata Cara Perencanaan Drainase Jalan SNI
03-3424-1994), dan untuk perhitungan rencana anggaran biaya
menggunakan analisa harga satuan yang diperoleh dari buku harga satuan pokok kegiatan (HSPK) Departemen Pekerjaan Umum
Direktorat Jendral Bina Marga.
Dari hasil analisa perencanaan, tipe medan ruas jalan
Turen – Lumajang termasuk daerah bukit, kapasitas jalan
diketahui mempunyai DS pada akhir umur rencana 0,85 <
0,75 sehingga diperlukan pelebaran jalur menjadi 9 meter (2
arah) tanpa median (2/2 UD), dengan bahu jalan
direncanakan 1,5 meter, sedangkan kecepatan rencana Vr =
40 km/jam. Untuk perencanaan tebal perkerasan didapat
survace course / lapis penutup ( AC Laston) = 10 cm, base
course / pondasi atas (batu pecah kelas B CBR 80%) = 20 cm
dan sub base course / pondasi bawah (sirtu kelas B CBR 60
%) = 55 cm, sedangkan untuk overlay didapat survace course
/ lapis penutup (AC Laston) = 8 cm. Untuk saluran drainase
menggunakan pasangan batu kali pada STA 33+000 –
37+000 dengan kedalaman maximum 1,20 m dan lebar
maximun 0,50 m. sedangkan untuk rencana anggaran biaya
Rp. 19,422,593,000.00 (Sembilan belas milyar empat ratus
dua puluh dua juta lima ratus Sembilan puluh tiga ribu
rupiah).
=============================================================================== Road boundary Turen – of Lumajang is a primary
collector road that connects between the city of Malang with
Lumajang. Damage to the structure of the road in some places and
the lack of adequate drainage channels lead to discomfort in the
drive, then the perceived need of handling the increased structure
and road capacity in order to accommodate the increased volume
and load traffic. In this final project is planned to increase the road
roughness by using flexible pavement for Turen roads boundaries
on Lumajang STA 33+000 – 37+000.
Improvement planning includes calculation road pavement
structures using component analysis method (1987), using analysis
of road capacity road capacitymanual Indonesia (MKJI) 1997,
planning extra thick layer (overlay) with manual examination
pavement road with benkleman beam, control the geometry of the
highway by using the book fundamental og geometric roads
planning (Silvia Sukirman), drainage planning by using SNI 03-
3424-1994 methods, and for the calculation of budget plan to use a
standard unit price basis and the analysis of the local town.
From the analysis of planning, the type field roads Turen –
Lumajang including the hill, road capacity is known to have DS at
the end of age plan 0,85 < 0,75 so that the required widening path to 9 meter wide lane (2 directions) with no median, with a frontage
road is plan 1,5 meters. While the plan speed Vr = 40 km/jam.
Controls on vertical alignment including flat. For planning of
pavement thickness obtained survace course / layer cover (AC
Laston) = 10 cm, base course / foundation of (broken stone class B
CBR 90%) = 20 cm and sub base course / under foundation (sirtu
class B CBR) = 52 cm, while for obtained survace course overlay
/ layer cover (AC Laston) = 8 cm. to use a pair of stones drainage
at STA 33+000 – 37+000 with a maximum depth of 1,2 m and
maximum width of 0,5m. as for the budget plan Rp.
19,422,593,000.00 somewhat nineteen billion four hundred twenty
two million five hundred ninety three thousand.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | RSS 625.7 Hab p |
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan peningkatan jalan ruas Turen – Batas Kab. Lumajang; STA 33+000 – 37+000; Perkerasan Lentur |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3 |
Depositing User: | - Taufiq Rahmanu |
Date Deposited: | 09 Jan 2020 02:51 |
Last Modified: | 09 Jan 2020 02:53 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/72612 |
Actions (login required)
View Item |