Anggara, Fakhri (2016) Analisis Strategi Positioning. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2512101012-Undergraduate Thesis.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Industri pelumas merupakan salah satu industri strategis. Potensi industri
pelumas di Indonesia bertumbuh pesat bersamaan dengan meningkatnya
permintaan dan jumlah kendaraan bermotor dari tahun ketahun. Hal ini disebabkan
oleh meningkatnya penggunaan pelumas pada pasar otomotif dan juga
perindustrian. Pertumbuhan potensi ini menarik bagi para produsen lokal maupun
internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana atribut
pelumas dapat mempengaruhi evaluasi konsumen terhadap positioning merek dan
kompetisi terhadap merek lain, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
kepuasan konsumen terhadap produk Pertamina Lubricants dan juga merumuskan
alternatif strategi positioning berdasarkan persepsi dan kepuasan pelanggan.
Penelitian ini menggunakan desain riset konklusif dan merupakan riset deskriptif.
Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Penelitian ini
menggunakan metode survey dan sampel pada penelitian ini adalah para pelanggan
Pertamina Lubricants didaerah Jawa timur sejumlah 240 responden. Penelitian ini
menggunakan perceptual map yang dikembangkan dengan menggunakan analisis
diskriminan berganda, untuk menggambarkan posisi relatif setiap merek dan
menggambarkan atribut merek tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa secara keseluruhan produk Pertamina Lubricants dicirikan dengan 3 atribut
yaitu kemudahan diperoleh, harga dan kepopuleran merek. Selanjutnya dengan
menggunakan analisis regresi berganda diketahui keenam atribut memiliki
pengaruh positif signifikan terhadap manfaat yang dirasakan konsumen, atribut
yang memiliki pengaruh paling besar adalah harga dan kepopuleran merek. Hasil
dari analisis regresi sederhana didapati bahwa manfaat yang dirasakan berpengaruh
positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Ruang lingkup pada penelitian ini,
bagaimanapun, tidak memungkinkan elaborasi pada perbedaan tersegmentasi
dalam positioning produk. Penelitian ini memberikan metode yang unik untuk
memahami struktur pasar dan menentukan tujuan dari merek dan juga posisi terbaik
yang kompetitif untuk Pertamina Lubricants.
==============================================================================================================
The potential of lubricant industry as a strategic industry has been growing in
years. It is caused by the increasing number of lubricant usage in automotive
industry as well as in other industries. The increasing potential is attractive to both
local and international producers. This study aims to analyze how far the product
attributes of lubricants can affect consumers’ evaluation towards its brand
positioning and competitiveness against other brands, to analize factors which
affect consumers’ satisfaction towards Pertamina Lubricants and to form
alternatives to its positioning strategy based on perception and consumers
satisfaction. This study uses a conclusive research design thus it is descriptive
research. The sampling technique used is convenience sampling. This study uses
surveying method and samples are the customers of Pertamina Lubricants in East
Java with a number 240 respondents. This study utilizes perceptual map which is
developed further using multiple discriminant analysis, describing relative position
of each brand and its attributes. The results of this study show that overall,
Pertamina Lubricants is described with 3 product attributes which are the ease to
find the product, product price, and brand popularity. Furthermore with the uses
of multiple regression analysis it is known that all of the six attributes give positive
significant influence on consumer preserved benefits, attributes that have the most
impact is the price and popularity of the brand. The result of the simple regression
analysis shows that preserved benefit gives significant positive impact to customer
satisfaction. The scope of this study, however, doesn't make elaboration on
segmented difference to product positioning possible. This study gives distinctive
method to understand market structure and to determine the objective of the brand
as well as its most competitive positioning for Pertamina Lubricants.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSMB 658.402 1 Ang a-1 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Diskriminan Berganda, Industri Pelumas, Kepuasan, Peta Perceptual, Positioning. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 07:48 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 07:48 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/72657 |
Actions (login required)
View Item |