Penjadwalan Perawatan Sistem Penunjang Diesel Generator Pada Container Crane Dengan Pemodelan Dinamika Sistem : Studi Kasus Diterminal Pemodelan Multipurse Nilam Timur Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Widarto, Hayi (2015) Penjadwalan Perawatan Sistem Penunjang Diesel Generator Pada Container Crane Dengan Pemodelan Dinamika Sistem : Studi Kasus Diterminal Pemodelan Multipurse Nilam Timur Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4211100047-Presentation.pdf]
Preview
Text
4211100047-Presentation.pdf - Presentation

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4211100047-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4211100047-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of 4211100047-Paper.pdf]
Preview
Text
4211100047-Paper.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Terus bertambahnya arus kedatangan kapal
petikemas ke terminal-terminal petikemas Pelabuhan
Tanjung Perak Surabaya dari tahun ke tahun menuntut
kesiapan dari infrastruktur pendukungnya, termasuk CC
(Container Crane) yang dalam hal ini berfungsi sebagai
alat bongkar muat petikemas. Tugas Akhir ini berusaha
menjawab tuntutan tersebut dengan cara membuat jadwal
perawatan untuk sistem bahan bakar dan pelumasan
Diesel Generator CC. Penjadwalan perawatan ini
menjadi penting karena akan disesuaikan dengan pola
operasi CC agar nantinya kegiatan perawatan
sebisamungkin tidak mengganggu operasional CC.
Metode dinamika sistem digunakan untuk memodelkan
perilaku sistem sehingga nanti penjadwalan yang tepat
dapat dicari melalui mekanisme penentuan nilai indeks
keandalan minimum dan ketersediaan. Selain itu biaya
total operasi yang terdiri dari biaya running,
maintenance, dan downtime juga akan menjadi
pertimbangan dalam menentukan waktu perawatan. Dari pemodelan, didapatkan hasil penjadwalan perawatan
untuk komponen fuel pump adalah setiap 4578 jam untuk
CC 1 dan 2 serta setiap 4296 jam untuk CC 3, komponen
separator adalah setiap 1453 jam untuk CC 1 dan 2 serta
setiap 1439 jam untuk CC 3, komponen PT Pump adalah
setiap 10169 jam untuk CC 1 dan 2 serta setiap 7774 jam
untuk CC 3, komponen injector adalah setiap 4065 jam
untuk CC 1 dan 2 serta setiap 3887 jam untuk CC 3,
komponen oil pump adalah setiap 13559 jam untuk CC 1
dan 2 serta setiap 19435 jam untuk CC 3. Kemudian
untuk komponen fuel filter, oil filter, dan bypass oil filter
yang termasuk non-repairable component akan
dilakukan penggantian setiap 256 jam untuk CC 1, 256
jam untuk CC 2, dan 256 jam untuk CC 3.
=============================================================================== The number of container ships arrived to the container
terminals in the Port of Tanjung Perak Surabaya
increase continuously year by year. The supporting
infrastructure, including CC (Container Crane) are
reuquired to serve the loading and unloading of
containers. This final project attempted to answer these
demands by planning the maintenance schedules for CC
Diesel Generator fuel and lubricating systems.
Maintenance scheduling is important because it will be
adapted to the CC operational pattern so that the
maintenance activities as much as possible not to disturb
the loading and unloading schedule. System dynamics
method is used for modeling the behavior of the system so
that proper scheduling can be obtained through the
mechanism of determining the minimum reliability index
value and availability. In addition to the total cost of the
operation that consists of running, maintenance, and
downtime costs will also be a consideration in
determining the maintenance schedule. From modeling, maintenance scheduling is obtained for component of the
fuel pump is every 4578 hours for CC 1 and 2 as well as
every 4296 hours for CC 3, separator is every 1453 hours
for CC 1 and 2 as well as every 1439 hours for CC 3, PT
Pump is every 10169 hours for CC 1 and 2 as well as
every 7774 hours for CC 3, injector is every 4065 hours
for CC 1 and 2 as well as every 3887 hours for CC 3, oil
pump is every 13559 hours for CC 1 and 2 as well as any
19435 hours for CC 3. Then for the components such as
fuel filter, oil filter and bypass oil filter which includes
non-repairable component will be replaced by a new
component every 256 hours for CC 1, 256 hours for CC
2, and 256 hours for CC 3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 658.53 Wid p
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan Perawatan; Dinamika Sistem; Keandalan; Ketersediaan; Biaya Total Operasi
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 21 Jan 2020 07:22
Last Modified: 21 Jan 2020 07:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72828

Actions (login required)

View Item View Item