Evaluasi Aturan Penugasan Dan Penentuan Jumlah Crane Pada Pt Terminal Petikemas Surabaya

Ciptadewi, Edwina Seviera (2016) Evaluasi Aturan Penugasan Dan Penentuan Jumlah Crane Pada Pt Terminal Petikemas Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 2512100033-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2512100033-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) bergerak di bidang penyediaan
fasilitas terminal petikemas bagi pelaku usaha di wilayah Indonesia Timur. Salah
satu visi PT TPS adalah menyediakan dan memastikan bahwa layanan yang
diberikan kepada para pelanggan tepat waktu dan terjadwal. Untuk mendukung visi
tersebut, perusahaan terus berusaha meningkatkan layanan dalam hal waktu
bongkar muat. Berdasarkan data pada periode observasi, diketahui bahwa terdapat
beberapa berth yang masih memiliki nilai BSH (Boxes Ships Hours) di bawah target
perusahaan. Untuk meningkatkan nilai BSH, maka dibutuhkan suatu solusi dengan
cara mempersingkat total waktu kerja crane. Penentuan alokasi crane akan
berpengaruh terhadap waktu pelayanan bongkar muat pada suatu kapal, sehingga
pada penelitian ini akan dilakukan evaluasi aturan alokasi crane pada kapal untuk
melihat dampak aturan penugasan crane terhadap waktu kerja crane pada tiap kapal
di tiap berth. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap kondisi
eksisting untuk setiap berth dan setiap crane, mengetahui aturan pengalokasian
crane pada tiap kapal pada kondisi eksisting, dan mengembangkan skenario
perbaikan berupa alternatif aturan penugasan crane pada tiap kapal di tiap berth.
Metode yang digunakan adalah simulasi dengan skenario perbaikan berupa
perubahan jumlah maksimal crane yang dialokasikan pada tiap berth. Skenario
terpilih merupakan skenario yang menghasilkan rata-rata waktu kerja crane di berth
terkecil
====================================================================== PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) provides container terminal
facilities for the traders at the eastern regions of Indonesia. One of the vision of PT
TPS is to give and ensure the services on time for its customers. In order to support
their vision, PT TPS has to improve their services by doing loading and discharging
container on time. Based on the data in observation period, there are some ships
that had the BSH (Boxes Ships Hours) value below the target. In order to increase
the BSH value, it needed a way to shorten the vessel service time. Crane allocation
will affect the vessel service time. In this study, crane allocation rules will be
evaluated to see the impact of the crane assignment rule to crane working time on
each vessel at each berth. This study aims to evaluate the existing conditions,
identify the crane allocation rules, and develop scenarios i.e the alternative of the
crane assignment rules for each berth and each crane. The method used is the
simulation with software Arena. In this study, the maximum number of crane that
allocated on each vessel will be changed. The chosen scenario is the scenario that
generates the smallest average of crane working time in each berth

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.53 Cip e-1
Uncontrolled Keywords: Quay Crane Assignment Problem, Terminal Petikemas, Simulasi Arena
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD69.T54 Time management. Scheduling
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 22 Jan 2020 03:02
Last Modified: 22 Jan 2020 03:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72858

Actions (login required)

View Item View Item