Rancang Ulang Proses Bisnis Menggunakan Fitur Media Sosial Instagram Untuk Desain Produk Pada Umkm Garmen

Amalia, Karina Nine (2019) Rancang Ulang Proses Bisnis Menggunakan Fitur Media Sosial Instagram Untuk Desain Produk Pada Umkm Garmen. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211750012006-Master_Thesis.pdf] Text
05211750012006-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Seiring perkembangan teknologi digital saat ini media sosial merupakan platform untuk berbagi informasi yang sangat disukai oleh banyak orang. Selain penggunaan pribadi, berbagai bisnis juga telah mengeksploitasi media sosial untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Salah satu media sosial yang populer berbasis gambar dan dapat digunakan dalam mendukung proses bisnis adalah Instagram. Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna Instagram terbanyak. Hal ini menunjukkan tingginya keterlibatan dan ketergantungan konsumen Indonesia terhadap media sosial sehingga dapat merefleksikan besarnya semangat pengguna untuk semakin memajukan UMKM di Indonesia untuk memperkuat hubungan antara individu dan bisnis. Salah satu UMKM yang berperan penting dalam peningkatan ekonomi Indonesia adalah UMKM Garmen. Dalam UMKM garmen saat ini memiliki beberapa masalah utama dalam hal riset pasar, memantau persaingan, membuat kreasi trend dan pendektan ilmiah untuk memperkenalkan produk fashion dipasar. Permasalahan UMKM Garmen lainnya adalah ketersediaan product. Accurate response adalah salah satu startegi bagi perusahaan untuk menghadapi ketidakpastian permintaan dan penawaran . Dibawah respon yang akurat akan mendapatkan decision yang dapat digunakan sebagai pertimbangan pembuatan product. Penelitian ini menggunakan metode Action Research untuk menganalisis dampak fitur media sosial dalam desain dan riset pasar. Metode action research digunakan dalam penelitian ini dengan alasan pada penelitian terdahulu masih menggunakan data history sebagai bahan pengambilan data pada penelitian. Oleh karena itu penggunaan metode action research akan dilakukan agar peneliti dapat terlibat langsung dalam proses eksperimen penggunaan fitur media sosial instagram. Tahapan metode action research adalah melakukan diagnosa, action planning, action intervention, action evaluation dan action reflection. Hasil akhir dari penelitian ini adalah rancang ulang proses bisnis dengan pendekatan transactional, creative dan analytical. Dari pendekatan ini rancang ulang proses bisnis yang dilakukan juga merupakan berupa crowdsourcing. Pendekatan ini dilakukan karena sebelum melakukan rancang ulang proses bisnis akan dilakukan pengujian fitur pada media sosial instagram dengan meminta pendapat dari pengikut. Pada penelitian ini juga melakukan pembuktian bahwa fitur media sosial instagram dapat dilibatkan dalam rancang ulang proses bisnis dengan motif dorongan organisasi untuk berinovasi. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa media sosial instagram dapat berpengaruh untuk ketepatan perencanaan dan pembuatan produk UMKM garmen serta peningkatan penjualan dan efisiensi waktu. Sehingga, fitur media sosial instagram dapat dilibatkan dalam rancang ulang proses bisnis. Rancang ulang proses bisnis tersebut akan di rekomendasikan pada UMKM Garmen.
====================================================================================================================================
As the development of digital technology today, social media is a platform for sharing information that is loved by many people. Apart from personal use, various businesses have also exploited social media to create competitive advantage. One popular image-based social media that can be used to support business processes is Instagram. Indonesia is one of the countries with the most Instagram users. This shows the high involvement and dependence of Indonesian consumers on social media so that it can reflect the amount of enthusiasm of users to further advance MSMEs in Indonesia to strengthen the relationship between individuals and businesses. One of the MSMEs that plays an important role in improving the Indonesian economy is Garment SMEs. In the MSME garment industry currently has several major problems in terms of market research, monitoring competition, making trend creations and scientific approaches to introduce fashion products to the market. Another MSME garment problem is product availability. Accurate response is one of the strategies for companies to deal with supply and demand uncertainty. Under an accurate response will get a decision that can be used as a consideration for making a product. This study uses the Action Research method to analyze the impact of social media features in market design and research. The action research method is used in this study with the reason in previous studies that it still uses historical data as data collection material for research. Therefore the use of the action research method will be conducted so that researchers can be directly involved in the experimental process of using Instagram's social media features. The stages of the action research method are diagnosis, action planning, action intervention, action evaluation and action reflection. The final result of this research is to redesign business processes using transactional, creative and analytical approaches. From this approach the redesign of the business process undertaken is also in the form of crowdsourcing. This approach is carried out because before redesigning the business process, a feature test will be performed on Instagram social media by asking the opinions of followers. This research also proves that Instagram's social media features can be involved in redesigning business processes with the motive of the organization's drive to innovate. The results of the study prove that Instagram social media can influence the accuracy of planning and manufacturing of MSME garment products as well as increasing sales and time efficiency. Thus, Instagram's social media features can be involved in redesigning business processes. Redesigning the business process will be recommended to the Garment SMEs.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTSI 004.678 Ama r-1 2019 3100020084996
Uncontrolled Keywords: rancang ulang proses bisnis, media sosial, fitur, UMKM garmen, action research
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 59101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Karina Nine Amalia
Date Deposited: 15 Dec 2025 07:17
Last Modified: 15 Dec 2025 07:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72876

Actions (login required)

View Item View Item