Fizar, Syafaat (2020) Pengembangan Model Sistem Dinamik Untuk Mengurangi Kemacetan Dalam Mendukung Intelligent Transportation System (Studi Kasus: Kota Surabaya). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
TESIS (Recovered).pdf Download (2MB) | Preview |
![]() |
Text
05211750012009-Master_Thesis.pdf Download (2MB) |
Abstract
Transportasi memainkan peran kunci dalam kehidupan masyarakat, mengubah pandangan dan memiliki pertumbuhan sosial dan ekonomi yang besar. Selain itu, perkembangan teknologi juga terkait dengan pertumbuhan sosial dan ekonomi, sehingga Intelligent Transport System (ITS) telah berkembang pesat menuju kondisi sosial dan ekonomi saat ini. Masalah terbesar dengan perkembangan transportasi saat ini adalah kemacetan dan bahkan kemacetan sendiri telah menjadi masalah yang lebih memprihatinkan saat ini. Semakin banyak pertumbuhan kendaraan, semakin banyak kompetisi yang dilakukan oleh pabrik dengan mempromosikan kendaraan yang mereka buat dan tidak ada aturan yang jelas untuk meningkatkan pertumbuhan kendaraan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kemacetan mulai dari pertumbuhan jumlah penduduk di kota-kota yang semakin hari semakin meningkat, jalan yang lebih kecil dari volume kendaraan hingga kecelakaan lalu lintas juga menjadi salah satu kendala bahkan pemerintah sendiri yang menyediakan fasilitas jalan. Surabaya merupakan kota metropolitan dengan penduduk terbanyak kedua setelah ibu kota Negara Jakarta. Sebagai kota yang terus berkembang, kebutuhan akan alat transportasi juga meningkat. Tingginya kebutuhan masyarakat tersebut menimbulkan berbagai masalah pula di bidang transportasi. Masalah-masalah tranportasi umumnya adalah kecelakaan lalu lintas dan kemacetan. Dalam penelitian ini kepadatan kendaraan yang ada dikota Surabaya dengan mengkhususkan pada jalan ahmad yani, dimodelkan dengan menggunakan system dinamik untuk menganalisis kondisi saat ini dan mengevaluasi permasalahan yang ada serta memberikan alternative scenario pemecahan masalah. Hasil scenario kendaraan dengan merekayasa lalu lintas dengan mempercepat lampu hijau untuk simpangan yang terjadi kemacetan menurunkan kemacetan sekitar 11.64% . Untuk scenario penambahan bus Rapid Transprt maka penurunan Kemacetan sebesar 5.31% dan pengurangan pengurangan kecelakaan berkurang sebesar 16%.
=================================================================================================================================
Transportation plays a key role in people's lives, changes their outlook and has great social and economic growth. In addition, technological development is also related to social and economic growth, so that the Intelligent Transport System (ITS) has developed rapidly towards the current social and economic conditions. The biggest problem with the development of transportation at this time is congestion and even congestion itself has become a more worrying problem today. The more vehicle growth, the more competition is carried out by factories by promoting the vehicles they make and there are no clear rules to increase vehicle growth. There are several factors that cause congestion ranging from population growth in cities which are increasingly increasing, roads that are smaller than the volume of vehicles to traffic accidents are also an obstacle even the government itself provides road facilities. Surabaya is a metropolitan city with the second most population after the capital city of the State of Jakarta. As a city that continues to grow, the need for transportation also increases. The high needs of the community also cause various problems in the field of transportation. Common transportation problems are traffic accidents and traffic jams. In this study the density of vehicles in the city of Surabaya by specializing on Ahmad Yani Road, is modeled using a dynamic system to analyze current conditions and evaluate existing problems and provide alternative scenarios for solving problems. The results of the vehicle scenario by manipulating traffic by speeding up the green light for the intersection that occurs in congestion decreases congestion by about 11.64%. For the scenario of adding a Rapid Transprt bus, the Congestion reduction is 5.31% and the reduction in accident reduction is reduced by 16%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTSI 003.85 Sya p-1 2024 |
Uncontrolled Keywords: | Keywords— Dynamic System, Intelligent Transportation System |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation T Technology > T Technology (General) > T57.83 Dynamic programming |
Divisions: | Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 59101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Syafa'at Fizar |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 01:52 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 01:52 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/72885 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |