Perancangan Perbaikan Perkerasan Jalan di Jalan Mercedes Benz, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Ariza, Beryl Visa (2020) Perancangan Perbaikan Perkerasan Jalan di Jalan Mercedes Benz, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111640000010-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111640000010-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Mercedes Benz, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat adalah salah satu akses menuju ke kawasan Industri Wanaherang dengan kelas jalan kabupaten. Jalan sepanjang kurang lebih 3,4 km ini mengalami kerusakan berupa jalan yang bergelombang, berlubang, dan konstruksi beton yang hancur. Kerusakan-kerusakan ini disebabkan oleh beberapa penyebab yaitu pemanfaatan lahan disekitar jalan merupakan kawasan industri, kondisi drainase atau saluran yang menampung debit air belum tersedia dengan baik dan menyebabkan air menggenang di jalan, maintenance atau perawatan yang kurang menyeluruh, dan jalan yang dilalui kendaraan berat dimana beban lalu lintas aktual tidak sesuai dengan beban dalam perencanaan awal. Tetapi penyebab utamanya adalah perubahan pemanfaatan lahan dari jalan ini yang dahulunya adalah pemukiman, kemudian berubah menjadi pemanfaatan lahan industri. Perubahan pemanfaatan lahan itu menyebabkan banyaknya kendaraan terutama kendaraan berat yang melintas sehingga terjadinya kerusakan jalan pada jalan tersebut. Kerusakan jalan tersebut akan dianalisa menggunakan Metode Indrasurya dan Dirgolaksono dengan melakukan Survey Kerusakan Visual (KV) secara langsung di lokasi studi. Analisa ini akan mengetahui riding quality, kondisi jalan, dan kondisi drainase sehingga akan mendapatkan nilai TDP (total distresspoint). Dan kemudian didapatkan tipikal penangannya yang tepat untuk jalan tersebut. Dalam perencanaan perbaikan perkerasan ini digunakan dua jenis perkerasan yang dipilih yaitu perkerasan lentur dan perkerasan kaku. Perencanaan tebal struktur perkerasan lentur dan perkerasan kaku menggunakan metode Bina Marga 2017 dengan usia rencana 40 tahun. Dalam perencanaan perbaikan kerusakan perkerasan jalan ini memerlukan beberapa data pendukung untuk mempermudah pengerjaan Tugas Akhir ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berupa data volume lalu lintas dan kerusakan jalan, yang cara mendapatkannya dengan melakukan survey langsung di lokasi studi. Sedangkan data sekunder berupa data jumlah penduduk, data PDRB, data PDRB per kapita, dan data HSPK yang didapatkan dari instansi terkait. Data-data tersebut kemudian diolah untuk menrencanakan tebal struktur perkerasan jalannya. Setelah merencanakan tebal struktur, dilakukan pula perhitungan biaya konstruksi dan pemeliharaan untuk menentukan jenis perkerasan mana yang cocok digunakan di Jalan Mercedes Benz ini. Berdasarkan penjelasan di atas, diperoleh hasil perkerasan kaku sebagai rekomendasi perbaikan perkerasan jalan di Jalan Mercedes Benz, Kecamata Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dengan tebal lapis drainase 15 cm, lapis pondasi LMC 10 cm, dan tebal pelat beton 28,5 cm.
===================================================================================================================================
Mercedes Benz Road, Gunung Putri Subdistrict, Bogor Regency, West Java is one of the accesses to the Wanaherang Industrial Area with regency class roads. The road along the approximately 3,4 km was damaged in the form of bumpy roads, potholes, and destroyed concrete construction. These damages are caused by several causes, namely the use of land around the road is an industrial area, the condition of drainage or channels that accommodate the flow of water is not available properly and causes water to pool in the roa, maintenance that is less comprehensive, and roads that are traversed by heavy vehicles where the actual traffic load does not match the load in the initial planning. But the main cause is the change in land use from this road which was once a settlement, then turned into industrial land use. Changes in land use caused many vehicles, especially heavy vehicles, to pass so that road damage occurred on the road. The road damage will be analyzed using the Indrasurya and Dirgolaksono Methods by conducting a Visual Damage Survey (KV) directly at the study site. This analysis will find riding quality, road conditions, and drainage conditions so that it will get a TDP (total distresspoint) value. And then the typical handling is right for that road. In this pavement improvement plan, two types of pavement are selected, namely flexible pavement and rigid pavement. Planning the thickness of the flexible pavement structure and rigid pavement using the 2017 Bina Marga method with a planned age of 40 years. In planning the repair of this road pavement damage requires some supporting data to facilitate the completion of this Final Project, namely primary data and secondary data. Primary data is in the form of traffic volume and road damage data, which is obtained by conducting a direct survey at the study location. While secondary data in the form of population data, GRDP data, GRDP data per capita, and HSPK data obtained from relevant agencies. The data is then processed to plan the thickness of the road pavement structure. After planning the structure thickness, the construction and maintenance costs are also calculated to determine which type of pavement is suitable for use on this Mercedes Benz Road. Based on the explanation above, the results of rigid pavement were obtained as a recommendation for improvement of road pavement on Jalan Mercedes Benz, Gunung Putri Sub-District, Bogor Regency, West Java. With 15 cm drainage layer thickness, 10 cm LMC foundation layer, and 28.5 cm thick concrete slabs.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 625.7 Ari p-1 2020 3100020084480
Uncontrolled Keywords: Road Damage, Flexible Pavement, Rigid Pavement, Pavement Comparison
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Beryl Visa Ariza
Date Deposited: 05 Nov 2025 10:33
Last Modified: 05 Nov 2025 10:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72977

Actions (login required)

View Item View Item