Analisis Daya Tampung Pencemaran Pada Kali Wonokromo Kota Surabaya Dengan Metode Permodelan Sistem Dinamik

Thifalina, Filial Dhiya (2020) Analisis Daya Tampung Pencemaran Pada Kali Wonokromo Kota Surabaya Dengan Metode Permodelan Sistem Dinamik. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03211540000027-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03211540000027-Undergraduate_Theses.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini masyarakat sering mengalami kesulitan dalam memperoleh air bersih dan air minum untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya (lebih dikenal dengan krisis air), disebabkan oleh peningkatan jumlah industri, pertumbuhan penduduk dan lain-lain. Pada Kali Wonokromo berpotensi mengandung polutan yang tinggi karena adanya buangan limbah yang belum terolah secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung dan menganalisa daya tampung beban pencemaran di air sungai yang disebabkan oleh parameter percemaran yaitu TSS, BOD, COD, DO, amonia, fosfat dan deterjen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Sistem Dinamik dengan menggunakan progam STELLA untuk mengetahui keterkaitan antar parameter yang berada di air sungai, serta menentukan besar beban pencemaran pada Kali Wonokromo. Penelitian ini menggunakan data analisa lapangan, kemudian data dimasukan ke dalam formulasi model yang telah dibuat, model di uji dengan program STELLA untuk verifikasi, validasi dan simulasi data. Dari hasil simulasi model akan dibuat skenario untuk memperbaiki kualitas air sungai yang telah tercemar.
Hasil dari penelitian ini adalah prediksi nilai parameter beban pencemar Kali Wonokromo selama satu tahun kedepan. Diketahui nilai tiap parameter pencemar mengalami peningkatan dan penurunan kualitas air yang berbeda-beda. Hasil nilai kualitas air pada Kali Wonokromo dengan parameter TSS adalah 26,34 mg/L, parameter DO adalah 4,79 mg/L, parameter BOD adalah 6,98 mg/L, parameter COD adalah 14,18 mg/L, parameter amonia adalah 5,87 mg/L, parameter fosfat 2,77 mg/L, dan parameter deterjen 381,11 ug/L. Nilai parameter DO, BOD, fosfat dan deterjen melebihi baku mutu yang telah ditentukan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2001 tentang pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air. Maka pada Kali Wonokromo sudah tidak memiliki daya tampung berlebh untuk parameter yang melebihi baku mutu.
========================================================

Currently the community often has difficulty in get a clean water to meet their daily needs (known as the water crisis), caused by an increase in the number of industries, population growth and others. In the Wonokromo River, it has the potential to contain high pollutans due to waste disposal that hasn’t been treated efficiently. The goal in study is calculate and analyze the load capacity of pollution in river water caused by pullition parameters, namely TSS, BOD, COD, DO, ammonia, phosphate and detergent.
The method used in this study is the Dynamic System method using the STELLA program to determine the relationship between parameters in the river and determining amount of pollution load in the Wonokromo River. This study uses field analysis data, then the data entered into the model formulation that has been made, the model is tested with the STELLA program for verification, validation and simulation data. From the model simulation, we can made a scenario to improve the quality of polluted river water.
The results of this study are parameter estimation values of Kali Wonokromo pollutants for one year. It’s known that the value of each pollutant parameter have an increases and decrease in different water quality every.The results a water quality of Wonokromo river an TSS parameter 26,34 mg/L, DO parameter adalah 4,79 mg/L, BOD parameter adalah 6,98 mg/L, COD parameter adalah 14,18, ammonia parameter adalah 5,87 mg/L, phosphate parameter 2,77 mg/L, dan detergent parameter 381,11 ug/L. The DO, BOD, phosphate and detergent parameters values exceed the quality standards that have been determined in accord from Goverment Regulation No.82 of 2001 about water management and water pollution control. So in Wonokromo River, there is no excess capacity for parameters that exceed the quality standard.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Water River Quality, Wonokromo River, Dynamic System Method, STELLA.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174 Technological forecasting
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD259.2 Drinking water. Water quality
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD420 Water pollution
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Environmental Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Thifalina Filial Dhiya
Date Deposited: 08 Oct 2024 01:38
Last Modified: 08 Oct 2024 01:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73197

Actions (login required)

View Item View Item