Penggunaan Sistem Informasi Geografis (SIG) Untuk Pemodelan Rencana Jalur Bus Trans Malang

Laksmi, Enggar Ambari (2020) Penggunaan Sistem Informasi Geografis (SIG) Untuk Pemodelan Rencana Jalur Bus Trans Malang. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03311850010002_Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
03311850010002_Master_Thesis.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemacetan di kota Malang sering terjadi karena pertumbuhan kendaraan pribadi di kota Malang tidak sebanding dengan pertumbuhan prasarana. Seharusnya transportasi umum bisa berperan lebih dalam mengatasi masalah ini, akan tetapi transportasi umum di kota Malang tidak menarik dan identik dengan ketidaknyamanan. Untuk itu direncanakan transportasi baru berupa Bus Trans Malang untuk mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang ada di jalanan kota Malang. Untuk mengetahui jalur yang akan dilalui oleh masing-masing koridor Bus Trans Malang, maka perlu diadakan suatu pemodelan dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Dalam penelitian ini, metode yang digunakan dalam melakukan pembobotan adalah dengan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Sistem ini memetakan kriteria dengan sebuah hirarki dan masing-masing hirarki akan dilakukan perbandingan berpasangan antar kriteria, sehingga didapat perbandingan kepentingan relatif antara kriteria satu dengan yang lain. Hasil dari perbandingan ini kemudian dianalisa untuk mendapatkan prioritas dari masing-masing kriteria. Setelah selesai kemudian dilakukan penilaian terhadap alternatif pilihan yang ingin dibandingkan dan dihitung untuk mendapatkan alternatif terbaik sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Hasil dari penelitian ini adalah mendapatkan rencana jalur dan letak halte Bus Trans Malang dari beberapa alternatif. Selanjutnya akan dipilih jalur yang paling prioritas dari beberapa alternatif dari hasil pembobotan AHP. Didapatkan jalur prioritas untuk masing-masing trayek yaitu rute Arjosari – Landungsari Jalur 2, rute Arjosari – Hamid Rusdi Jalur 1 dan rute Hamid Rusdi – Landungsari Jalur 2.
=================================================================================================================================
Congestion in the city of Malang often occurs because the growth of private vehicles in the city of Malang is not comparable with the growth of infrastructure. Public transportation should play a role in overcoming this problem, but public transportation in the city of Malang is not attractive and is synonymous with discomfort. For this reason, new transportation is planned in the form of Trans Malang Bus to reduce the number of private vehicles circulating on the streets of Malang. To find out the path that will be taken by each Trans Malang Bus corridor, it is necessary to conduct a modeling using Geographic Information System (GIS). In this study, the method used in weighting is the AHP (Analytical Hierarchy Process) Method. This system maps criteria with a hierarchy and each hierarchy will be compared in pairs between criteria, so we get a comparison of the relative importance between one criterion with another. The results of this comparison are then analyzed to get the priority of each criterion. After completion, an assessment of the alternative choices to be compared and calculated to get the best alternative according to established criteria. The results of this study are to get the route plan and location of the Trans Malang Bus Stop from several alternatives. Next, the most priority route will be chosen from several alternatives of the AHP weighting results. The priority lanes for each route are the Arjosari - Landungsari Line 2 route, the Arjosari - Hamid Rusdi Line 1 route and the Hamid Rusdi - Landungsari Line 2 route.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTG 025.069 1 Lak p-1
Uncontrolled Keywords: Bus Trans Malang, SIG, jalur bus
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Geomatics Engineering > 29101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Enggar Ambari Laksmi
Date Deposited: 18 Mar 2024 07:53
Last Modified: 18 Mar 2024 07:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73482

Actions (login required)

View Item View Item