Analisa Pemakaian Frame Poros Elips Pada Lengan Turbin Sistem Pltal

Haq, Agum Jinan (2020) Analisa Pemakaian Frame Poros Elips Pada Lengan Turbin Sistem Pltal. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211746000017-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211746000017-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Potensi pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia sangatlah besar, dan salah satunya yaitu arus laut sebagai energi baru terbarukan yang dapat digunakan sebagai pembangkit listrik. Salah satu letak yang potensial dalam memanfaatkan energi arus laut yaitu di selat toyapakeh. Setelah menentukan letak potensi pemanfaatan energi arus laut, maka dibuatlah perencanaan dan modifikasi dari Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut berupa desain yang telah direncanakan sebelumnya. Permasalahan yang timbul dari pemanfaatan arus laut pada pembangkit listrik tenaga arus laut yaitu ketika adanya gaya gelombang dan arus yang diberikan secara berulang dan dapat menimbulkan fatigue. Penggunaan desain frame poros utama yang telah dimodifikasi dapat meminimalkan permasalahan yang terjadi. Desain yang sudah dimodifikasi tersebut dianalisa dengan metode finite element dan dibantu dengan perangkat lunak Finite Element. Parameter yang digunakan dalam analisa dengan metode tersebut berupa nilai beban gelombang dan beban arus sesuai dengan data yang diperoleh menggunakan teori morison. Hasil analisa berdasarkan metode tersebut yaitu tegangan tertinggi yang terjadi pada pada frame poros yang sudah dimodifikasi dengan pembebanan gelombang dari arah 900 bernilai 49,8 MPa. Service life frame poros utama yang sudah dimodifikasi dapat beroperasi maksimal yaitu selama 7 tahun.
=============================================================================================================================
The potential utilization of natural resources in Indonesia is very large, and one of them is sea currents as renewable energy that can be used as electricity power plant. One of the potential locations in utilizing the energy of ocean currents is the Toyapakeh strait. After determining the location of the potential utilization of ocean current energy, the design and modification of the design of the Marine Power Plant is made in the form of a pre-planned sign. The problems that arise from the use of sea current in power plant ocean currents is when there is a wave force and current that is given repeatedly and can cause fatigue. The use of a modified main shaft frame design can minimize the problems that occur. The modified design was analyzed by the finite element method and assisted by the Finite Element Software. The parameters used in the analysis using this methode are wave load and current load values in accordance with the data obtained using the theory of the morison. The results of the analysis based on this method are the highest stress that occurs in the main shaft frame that has been modified with the loading of the wave from 900 worth 49,8 MPa. The modified of main shaft frame life service can operate optimally for 7 years.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Finite Element, turbin arm, main frame shaft
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Agum Jinan Haq
Date Deposited: 03 Oct 2024 03:38
Last Modified: 03 Oct 2024 03:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73528

Actions (login required)

View Item View Item