Studi Eksperimental Pengaruh Lama Penyimpanan B20 Dengan Penambahan Aditif Terhadap Properties Bahan Bakar dan Performa Mesin Diesel 4-Langkah Silinder Tunggal

Prabowo, Prabowo (2020) Studi Eksperimental Pengaruh Lama Penyimpanan B20 Dengan Penambahan Aditif Terhadap Properties Bahan Bakar dan Performa Mesin Diesel 4-Langkah Silinder Tunggal. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111440000050-Undergraduate_Thesis.docx.pdf]
Preview
Text
02111440000050-Undergraduate_Thesis.docx.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Biodiesel sebagai alternatif pengganti bahan bakar fosil memiliki sifat yang higroskopis, yakni kecenderungan untuk menyerap air dari lingkungan. Hal tersebut dapat menyebabkan tumbuhnya kontaminan mikroba serta perubahan sifat fisik dan kimia dari bahan bakar. Penambahan aditif kedalam campuran bahan bakar B20 diharapkan dapat meminimalkan perubahan properties fisik, kimia, performa mesin serta mampu memperbaiki emisi campuran bahan bakar B20. Maka dari itu kami melakukan peneltian tentang pengaruh penambahan aditif pada campuran bahan bakar B20 terhadap sifat fisik, kimia, kontaminan mikroba, dan dampak perubahan properties tersebut terhadap performa serta emisi mesin diesel. Penelitian ini dimulai dengan mencampur bahan bakar Dexlite B20. Kemudian campuran bahan bakar Dexlite B20 tersebut ditambahkan zat aditif dan disimpan pada tangki logam berkapasitas 40 liter. Penyimpanan dilakukan selama 12 minggu dan dilakukan pengujian terhadap properties bahan bakar, pertumbuhan kontaminan mikroba, performa dan emisi mesin diesel setiap 4 minggunya. Kemudian hasil yang didapatkan akan dibandingkan dengan bahan bakar bakar B20 dan B0. Dari penilitian ini didapatkan bahwa penambahan aditif pada B20 setelah masa penyimpanan selama 12 minggu menyebabkan laju pertumbuhan kontaminan mikroba sebesar 53,64% lebih lambat jika dibandingkan dengan B20. Demikian juga properties viskositas, densitas, dan bilangan asam pada B20+Aditif menunjukkan laju peningkatan yang lebih rendah dibandingkan B20, yakni masing-masing sebesar 70,16%, 12,92%, dan 55,67%. Penambahan aditive pada B20 juga menyebabkan laju penurunan efisiensi termal dan BSFC yang lebih rendah dibandingkan B20, sedangkan untuk emisi CO dan UHC menunjukkan laju penurunan yang lebih tinggi dibandingkan dengan B20. ==================================================================================================================================
Fossil fuels is now increasing, but fossil fuels are non-renewable fuels. According to the Oil and Gas Downstream Regulatory Agency Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH MIGAS), fuel consumption in 2017 was 75 million kilo liters, divided into 16.2 million kilo liters of diesel fuel and 51.3 million kilo liters of gasoline fuel. It is feared that due to the use of fuel which is increasingly large will cause fossil fuel reserves in Indonesia quickly run out. Therefore the need for research and engineering related to alternative fuels. There are several engineering types of fuels that have been developed at this time, one of which is B20 fuel, which is a mixture of 20% biodiesel with 80% diesel. In accordance with the mandatory of ESDM ministry regarding B20, we therefore conducted research on Dexlite B20. This research began by mixing Dexlite B20 fuel. Then the Dexlite B20 fuel mixture is aded to the aditive and stored in a 50 liter metal tank. Storage is carried out for 12 weeks and tested on fuel properties, microbial contaminant growth, and diesel engine performance every 4 weeks. Then the results obtained will be compared with B0 and B20 fuel. After a storage period of 12 weeks, the results obtained on the B20 + Aditive fuel have a microbial contaminant growth rate of 53.64% slower than B20. Then, for the properties of B20 + Aditive shows the difference increase in the value on vikosity properties of 70.16% and a density of 12.92%, changes in these properties then have an impact on the decline in diesel engine performance.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSM 621.436 Pra s-1 2020
Uncontrolled Keywords: Biodiesel, B20, Lama Penyimpanan, Aditif, Performa Mesin Diesel
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ324.5 Fuel systems
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: . PRABOWO
Date Deposited: 05 Mar 2025 01:18
Last Modified: 05 Mar 2025 01:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73698

Actions (login required)

View Item View Item