Perencanaan Double Track Jalur Kereta Api Lintas Mojokerto-Jombang

Iman M, Habibil (2020) Perencanaan Double Track Jalur Kereta Api Lintas Mojokerto-Jombang. Other thesis, Institut Teknologo Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111745000028-Undergraduated_Theses.pdf]
Preview
Text
03111745000028-Undergraduated_Theses.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Kondisi eksisting jalur rel kereta api lintas Stasiun Mojokerto sampai dengan Stasiun Jombang saat ini masih beroperasi dengan jalur tunggal. Kota Surabaya Dalam Angka 2018 mencatat jumlah penumpang kereta api pada tahun 2016 yakni 4.260.429 juta jiwa dan 2017 yakni 5.046.416 juta jiwa, berdasarkan data tersebut semakin meningkatnya jumlah penumpang kereta api dan bertambahnya volume kendaraan lalu lintas yang kemudian bisa menyebabkan terjadinya kemacetan, pemerintah berupaya untuk mengembangkan sistem perkeretaapian dimana sistem transportasi kereta api dapat diharapkan sebagai salah satu alternatif yang dapat mengantisipasi permasalahan – permasalahan yang ada. Hal ini sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur No.2 Tahun 2006 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Timur bagian keenam mengenai arahan pengembangan sistem prasarana wilayah, arahan pengembangan prasarana transportasi perkeretaapian, Pasal 42 ayat 3, menyatakan bahwa pengembangan jalur perkeretaapian ganda ditujukan pada jalur-jalur sebagai berikut: Surabaya – Mojokerto – Jombang – Kertosono – Nganjuk – Madiun – Sragen.
Pada penulisan Tugas Akhir ini, jalur ganda (double track) yang direncanakan mengacu pada jalur eksisting kereta api lintas Mojokerto-Jombang. Dalam menentukan posisi jalur ganda terdapat beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan antara lain bagaimana kondisi hambatan yang ada pada lahan eksisting jalur kereta api lintas Mojokerto – Jombang, ketersediaan lahan PT. KAI, dan rencana emplasmen yang baru. Analisa perhitungan yang akan dilakukan pada penulisan ini antara lain desain geometrik, dan struktur jalan rel. Analisa perhitungan di atas mengacu pada PM No. 60 tahun 2012 dan peraturan perencanaan lainnya yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan jalan kereta api.
Dari hasil Analisis perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh panjang jalur 25,300 km. Perencanaan Double Track Jalur Kereta Api Lintas Mojokerto-Jombang menggunakan lebar gauge 1067 mm dengan kecepatan rencana 120 km/jam dan tipe rel R54. Berdasarkan hasil analisa geometrik untuk lengkung horisontal menggunakan Rmin 780 m dan di desain untuk jenis lengkung S-C-S dengan jumlah 3 buah dan Rmin 2370 untuk jenis lengkung full circle dengan jumlah 11 buah. Untuk analisa formasi badan jalan rel termasuk dalam kategori kelas jalan I dengan tebal lapisan balas 51 cm dan lapisan sub balas 50 cm. Jalur double track ini melewati 5 Stasiun, 2 Stasiun besar dan 3 Stasiun kecil. Dari hasil analisa layout emplasmen, Stasiun yang mengalami perubahan yaitu Stasiun Mojokerto, Stasiun Curahmalang, Stasiun Sumobito, dan Stasiun Peterongan. Sedangkan yang tidak mengalami perubahan layout emplasmen yaitu Stasiun Jombang karena sudah memenuhi pola operasi jalur ganda
==============================================================================================================================
The existing condition of railroad crossed Mojokerto station to Jombang station is still currently operating with a single track. Surabaya city in number of 2018 recorded the number of train passengers in 2016 is 4,260,429 million people and 2017 is 5.046.416 million people, based on the data .By increasing the number of train passengers and the volume of traffic vehicles which can cause congestion, the government is trying to develop a railway system where the railway transportation system can be expected as an alternative that can anticipate the existing problems. This is by following the Regional Regulation of the East Java Province Number 2 of 2006 concerning Spatial Planning for the East Java Province in the sixth part which is about the direction of developing the regional infrastructure system and the railway transportation infrastructure. Article 42 paragraph 3, states that the development of the double railway line is shown in the following paths: Surabaya-Mojokerto-Jombang-Kertosono-Nganjuk-Madiun-Sragen.
At the time of writing this final project, the double track that will be planned refers to the existing railway line Mojokerto-Jombang. Calculation analysis that will be carried out at this writing includes geometric design, railway structure, and emplacement planning. The calculation analysis above refers to PM Number 60 of 2012 and other planning regulations relating to the railway development planning.
In this final task. The planned of double tracked refers to the exisiting railroad crossed between Mojokerto – Jombang. In determining the position of the double track, there are some consideration that need to be considered, such as the condition of the existing obstacles in the existing land of Mojokerto – Jombang railroad, the availability of PT. KAI land, and a new emplacement plan. The calculation analysis above, refers to PM No. 60 of 2012 and the other planning regulation relating to the railroad development planning.
From the calculation analysis results, the path length is 25,298. Planning of Double Track Railway Crossed on Mojokerto-Jombang Railway Line uses a gauge width of 1067 mm with a planned speed of 120 km/h and a rail type R54. Based on the results of geometric analysis for horizontal curvature using Rmin 780 m and designed for S-C-S curves with a total of 3 pieces and Rmin 2370 m and designed for FC curves with a total of 11 pieces. For the formation analysis of the railwy body included in the category of class I road with 51 cm ballast layer thickness and 50 cm sub-ballast layer thickness. This double track passes 5 stations, 2 large and 3 small stations. From the analysis of emplacement layout, the stations that have changed are Mojokerto Station Curahmalang Station, Sumobito Station, and Peterongan Station. While the stations that have not changed the emplacement layout is Jombang Station because meets the double track operation pattern

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Double Track Lintas Mojokerto-Jombang, Geometrik Jalan Rel, Struktur Jalan Rel, Emplasmen
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF872 Rails (Track)
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Habibil Iman Masruhardono
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:17
Last Modified: 08 Jul 2024 07:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73974

Actions (login required)

View Item View Item