Optimasi Waktu dan Biaya Proyek Dengan Metode Time Cost Trade Off (Studi Kasus Proyek Gedung Telkom-Group Surabaya)

Rabbiah, Shafira Saudah (2020) Optimasi Waktu dan Biaya Proyek Dengan Metode Time Cost Trade Off (Studi Kasus Proyek Gedung Telkom-Group Surabaya). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111640000100-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111640000100-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Proyek merupakan kegiatan sementara yang memiliki tujuan tertentu dan dibatasi oleh waktu dan biaya yang telah direncanakan. Keterlambatan jadwal proyek mengakibatkan kenaikan biaya dan konsekuensi intangible lainnya. Proyek Gedung Telkom-Group Surabaya yang berdurasi 660 hari mengalami keterlambatan sebanyak 35,53% per tanggal 26 Agustus 2019. Pada tugas akhir ini dilakukan penelitian untuk mengatasi keterlambatan proyek dengan cara melakukan percepatan pada beberapa aktivitas yang dilakukan dengan mempertimbangkan tambahan biaya yang dihasilkan. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah Time Cost Trade Off, yaitu crashing dan fast tracking, dengan melakukan percepatan pada sisa pekerjaan dan pengaturan hubungan antar aktivitas. Dalam melakukan percepatan perlu dilakukan analisa pemilihan skenario untuk menyesuaikan situasi dan kondisi lapangan. Skenario yang dipilih harus mempertimbangkan biaya yang dihasilkan, sehingga dapat diketahui tambahan biaya yang harus dibayarkan, serta harus mempertimbangkan kondisi lapangan. Percepatan dilakukan pada aktivitas yang berada pada lintasan kritis dan dilakukan dari aktivitas dengan cost slope terendah. Tugas Akhir ini menghasilkan durasi percepatan dengan crashing optimum selama 276 hari dengan biaya total biaya sebesar Rp137.284.161.397,00 dan crashing maksimum selama 186 hari dengan total biaya sebesar Rp115.317.788.547,00 yang keduanya tidak dapat mengejar target penyelesaian proyek yaitu selama 152 hari. Sehingga dilakukan percepatan dengan cara mengkombinasikan metode crashing dengan fast tracking, yaitu crashing optimum dengan fast tracking yang menghasilkan durasi akhir selama 179 hari dengan biaya total Rp106.503.940.492,00 dan crashing maksimum dengan fast tracking yang memiliki total durasi 130 hari dengan biaya total Rp103.559.451.371,00. Percepatan yang dapat mengejar target penyelesaian proyek adalah percepatan dengan mengkombinasikan crashing maksimum dengan fast tracking.
===============================================================================================================================
Projects are temporary activities that have specific objectives and are limited by the planned time and costs. Project delays will result in cost overrun and other intangible consequences. The Telkom-Group Surabaya Building Project is scheduled to be completed at 660 days. However, as of August 26th, 2019, the project has experienced a delay of 35.53%. In this final project, a research was conducted to overcome the project delay by accelerating some of the activities carried out by trading off the additional direct costs. Time Cost Trade Off method was adopted using crashing and fast tracking scheme, by accelerating the remaining work and managing relationships between activities. Scenario selection analysis has been conducted to adjust the situation and field conditions. Crashing was conducted to activities in the critical path and was started from activities with the lowest cost slope. The result of Time cost trade off analysis is 276 days of crash duration and a total cost of Rp137.284.161.397,00 with optimum crashing, meanwhile the maximum crashing scenario results in 186 days for total duration with a total cost of p115.317.788.547,00. Both crash durations couldn’t pursue the project completion target for 152 days. Therefore, combination of crashing and fast tracking method was conducted. The result of this combination method has optimum crashing 179 days with total cost Rp106.503.940.492,00, meanwhile maximum crashing has 130 days with total cost Rp103.559.451.371,00. The project completion target could be achieved by combining the maximum crashing with fast tracking.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: durasi, biaya, percepatan, crashing, fast tracking
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Shafira Saudah Rabbiah
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:43
Last Modified: 15 Jul 2024 06:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74038

Actions (login required)

View Item View Item