Perancangan Geometrik Dan Perkerasan Jalan Tol Kertosono - Kediri ( Kertosono Sta 0+000 Sampai Kediri Sta 21+300 )

Heni, Prasetyo (2020) Perancangan Geometrik Dan Perkerasan Jalan Tol Kertosono - Kediri ( Kertosono Sta 0+000 Sampai Kediri Sta 21+300 ). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111640000005-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111640000005-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Dengan terus meningkatnya perekonomian di wilayah Jawa Timur terutama di wilayah Kertosono dan Kediri, maka mobilitas atau pergerakan barang dan jasa antara kedua wilayah ini pun semakin meningkat. Hal itu tentu menuntut akan adanya perkembangan di segi fasilitas transportasi. Jalur yang menghubungkan wilayah Kertosono dengan Kota Kediri adalah jalur Kertosono-Kediri yang dikategorikan sebagai jalan nasional menurut UU No.38 Tahun 2004. Jalur ini adalah jalur yang vital dikarenakan banyak dilewati oleh kendaraan berat, dan kendaraan umum seperti bus, angkot, dan mobil penumpang, karena jalur ini merupakan jalur utama dan merupakan rute tercepat untuk menuju Kota Kediri jika dari Kertosono. Oleh karena itu diperlukan adanya jalur alternatif yang menghubungkan Kertosono-Kediri dan dipilih jalan tol sebagai jalur alternatif. Pembangunan jalan tol merupakan solusi karena dapat mengalihkan kepadatan lalu lintas yang terjadi di Simpang Tiga Mengkreng, Kertosono sehingga dapat menimbulkan kelancaran arus lalu lintas dan efisiensi. Tugas Akhir ini berisi tentang perancangan geometrik, perancangan tebal perkerasan jalan, perancangan saluran drainase, besarnya volume pekerjaan, dan rencana anggaran biaya pada Jalan Tol Kertosono-Kediri. Trase yang digunakan pada Jalan Tol Kertosono-Kediri mengacu pada studi terdahulu dengan judul “Perencanaan Trase Pembangunan Jalan Tol Kertosono-Kediri Ditinjau dari Kelayakan Ekonomi dan Finansial”. Perancangan geometrik dilakukan berdasarkan “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997 tentang Jalan Bebas Hambatan” serta “Geometri Jalan Bebas Hambatan untuk Jalan Tol, Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga tahun 2009”, untuk perancangan tebal perkerasan berdasarkan “Manual Desain Perkerasan Jalan 2017”, sedangkan untuk perencanaan saluran drainase berdasarkan “Tata Cara Perencanaan Drainase Pemukaan Jalan 03-3424-1994”. Perancangan geometrik dan perhitungan volume bahan dan volume cut and fill pada tugas akhir ini dilakukan dengan menggunakan bantun software AutoCAD Civil 3D 2018.
Dari hasil perancangan jalan tol ini didapatkan jumlah lengkung horizontal sebanyak 11 dan lengkung vertikal sebanyak 15. Tebal lapisan perkerasan kaku didapatkan 285 mm pada badan jalan dan 265 mm pada bahu jalan dengan lapisan tambahan pada keduanya yaitu lapisan beton kurus (LMC) 100 mm, lapisan drainase 150 mm dan lapisan stabilisasi semen 300 mm. Tipe saluran drainase sebanyak 6 tipe. Total anggaran biaya material untuk pembangunan Jalan Tol ini sebesar Rp 428.076.783.131.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Geometrik, Perkerasan Jalan, Jalan Tol
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Heni Prasetyo
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:03
Last Modified: 15 Jul 2024 02:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74062

Actions (login required)

View Item View Item