Evaluasi Kinerja Fasilitas Dan Pelayanan Terminal Bratang Berdasarkan Persepsi Penumpang Sebagai Pengguna Jasa Terminal Bratang Surabaya

Ningtias, Dea Ayu (2020) Evaluasi Kinerja Fasilitas Dan Pelayanan Terminal Bratang Berdasarkan Persepsi Penumpang Sebagai Pengguna Jasa Terminal Bratang Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111540000099-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111540000099-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Surabaya sebagai kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Timur memiliki laju pertumbuhan penduduk yang relatif tinggi yang menjadi salah satu faktor penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian di Kota Surabaya sehingga dalam pengelolaan dan penanganannya fasilitas dan pelayanan terminal haruslah baik karena berhubungan langsung dengan pengguna jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persepsi pengguna jasa terhadap fasilitas dan pelayanan Terminal Bratang yang merupakan terminal tipe C. Salah satu komponen penting dalam system perangkutan adalah terminal yang berfungsi sebagai tempat perpindahan atau pergantian sarana angkutan dari satu moda angkutan ke moda angkutan lainnya. Berdasarkan UU No. 14 tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan jalan, Terminal adalah prasarana transportasi jalan untuk keperluan memuat dan menurunkan orang dan atau barang serta mengatur kedatangan dan pemberangkatan kendaraan umum yang merupakan salah satu wujud simpul jaringan transportasi jalan. Terminal juga bisa dikatakan sebagai rumah bagi berbagai moda yang melayani kegiatan transportasi, yaitu untuk terlaksananya keterpaduan intra dan antar moda secara lancar dan tertib. Gangguan terhadap kemampuan dan daya dukung terminal akan mengakibatkan penurunan kinerja sistem perangkutan. Adapun tujuan dari penyusunan laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengidentifikasi persoalan yang dihadapi oleh terminal Bratang melalui pengamatan dan identifikasi persepsi pengguna terminal, menyangkut tentang kebersihan dan kesehatan, kenyamanan, keamanan dan keselamatan di terminal, serta mengidentifikasi sejauh mana tingkat Importance and Performance Analysis pelanggan terhadap tingkat pelayanan Terminal Bratang saat ini. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan importance performance analysis atau analisis tingkat kepentingan dan kepuasan yang terbagi dalam 4 kuadran dapat diketahui bahwa pengguna dalam hal ini penumpang dan calon penumpang sebagian besar hasil penilaiannya termasuk ke dalam kuadran A terdapat 3 variabel, kuadran B 8 Variabel, kuadran C 6 variabel dan kuadran D 1 variabel. Hasil penelitian ini diharapkan berguna sebagai acuan dalam peningkatan pelayanan Terminal Bratang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Prasarana Transportasi, Kepuasan, Importance and Performance Analysis, Bratang
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dea Ayu Ningtias
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:11
Last Modified: 15 Jul 2024 04:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74087

Actions (login required)

View Item View Item