Optimasi Desain Kapal Ikan Di Kabupaten Lamongan Untuk Meminimalkan Hambatan Kapal

Christian, Bill Andy (2020) Optimasi Desain Kapal Ikan Di Kabupaten Lamongan Untuk Meminimalkan Hambatan Kapal. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Laporan Tugas Akhir Bill UPLOAD.pdf]
Preview
Text
Laporan Tugas Akhir Bill UPLOAD.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 04111540000087-Undergraduate_Theses.pdf] Text
04111540000087-Undergraduate_Theses.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sebagian besar masyarakat pesisir Kabupaten Lamongan adalah nelayan. Pelayaran masyarakat nelayan Kabupaten Lamongan untuk mencari ikan menggunakan kapal 21-30 GT yang pelayarannya hingga pulau Kalimantan dan Sulawesi. Namun kapal yang digunakan masih menggunakan kapal tradisional yang relatif berat dan menggunakan mesin yang besar. Kementerian Kelautan dan Perikanan akan memberikan bantuan berupa kapal untuk masyarakat lamongan, namun ditolak oleh masyarakat pesisir Kabupaten Lamongan karena bentuk lambung dan cara pengoperasiannya sangat berbeda dengan yang mereka operasikan saat ini. Berdasarkan Tugas Akhir Syaghaf, (2017), Desain Kapal Penangkap Ikan Fiberglass Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Lamongan,. Sebagai kelanjutan dari proses desain, dikembangkan optimasi desain yang berasal dari concept design kapal katamaran bertenaga surya. Optimasi yang dilakukan bertujuan untuk mencari bentuk lambung yang memiliki hambatan total paling minimum dengan batasan-batasan tertentu. Pada Tugas Akhir ini, proses optimasi dilakukan dengan cara menggunakan media Visual Basic for Application atau VBA pada Microsoft Excel untuk membuat self-programing. Program ini memanfaatkan VBA yang ada pada Maxsurf Automation untuk melakukan proses optimasi. VBA akan menjalankan program dengan mengubah bentuk lambung dari kapal katamaran secara berulang untuk mencari nilai minimum dari hambatan yang dihasilkan.Tujuan tugas akhir ini yaitu untuk mengoptimasi desain kapal ikan untuk meminimalkan hambatan.. Dengan metode tersebut ukuran Kapal Penangkap Ikan di Kabupaten Lamongan yang didapatkan adalah LoA = 15.64 m, B = 5.401 m, T = 1.6 m, H = 4. m, CB = 0.495, dan Vs = 8 knot. Kelebihan kapal penangkap ikan ini yaitu daya yang dibutuhkan lebih kecil yaitu 85.779 kW atau 9.7% dibandingkan kapal existing
==================================================================================================================================
Most of the coastal communities in Lamongan Regency are fishermen. Sailing the fishing community of Lamongan Regency to find fish using a 21-30 GT boat that sails to the islands of Kalimantan and Sulawesi. However, the vessels used still use traditional vessels which are relatively heavy and use large engines. The Ministry of Maritime Affairs and Fisheries will provide assistance in the form of ships to the Lamongan community, but has been rejected by the coastal community of Lamongan Regency because the hull shape and way of operation are very different from those they operate today. Based on Syaghaf Final Project, (2017), Design of Fiberglass Fishing Vessels Based on Local Wisdom in Lamongan Regency,. As a continuation of the design process, design optimization is derived from the design concept of solar powered catamarans. The optimization carried out aims to find the shape of the hull that has the minimum total resistance with certain restrictions. In this Final Project, the optimization process is carried out by using the Visual Basic for Application or VBA media in Microsoft Excel to create self-programing. This program makes use of VBA in Maxsurf Automation to carry out the optimization process. VBA will run the program by changing the hull shape of the catamarans repeatedly to find the minimum value of the resulting obstacle. The purpose of this final project is to optimize the design of fishing vessels to minimize obstacles. With this method the size of the fishing vessels in Lamongan District is LoA = 15.664 m, B = 5.401 m, T = 1.6 m, H = 4 m, CB = 0.495, and Vs = 8 knots. The advantage of this fishing vessel is that the required power is smaller at 85,779 kW or 9.7% compared to existing vessels.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Optimization, Fish Boat, VBA, Lamongan, Maxsurf.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Bill Andy Christian
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:59
Last Modified: 22 Jul 2024 01:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74559

Actions (login required)

View Item View Item