Analisis Percepatan Durasi pada Proyek Pembangunan Terminal Laut Kijing di Mempawah Kalimantan Barat

Marpaung, Ineza Novita Risda (2020) Analisis Percepatan Durasi pada Proyek Pembangunan Terminal Laut Kijing di Mempawah Kalimantan Barat. UNSPECIFIED thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311640000119_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04311640000119_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelabuhan barang adalah suatu pelabuhan yang direncanakan khusus untuk keperluan bongkar muat barang dan di lengkapi dengan gudang penyimpanan barang serta crane untuk memindahkan barang kekapal. Dengan di bangunnya pelabuhan, maka perusahaan memerlukan rancangan proyek manajemen yang baik. Ketidaksesuaian antara rancangan jadwal dan kenyataannya di lapangan masih menimbulkan masalah. Hal ini menjadi tantangan bagi seorang manajer proyek yang harus dengan teliti melihat kegiatan-kegiatan yang ada agar tidak terjadi keterlambatan terhadap proyek. Untuk mengatasi mengatasi masalah tersebut, perlu dilakukan pemaksimalan kinerja dengan cara mengurangi durasi dari setiap aktivitas di dalam proyek yang masih memasukan safety time. Tugas akhir ini menganalisa percepatan durasi pada proyek permbangunan terminal laut Kijing di Mempawah Kalimantan Barat dengan menggunakan metode Precedance Diagramming Method (PDM), serta metode Monte Carlo untuk mengetahui probabilitas proyek tersebut tepat waktu, lalu mengetahui durasi optimal dengan metode Time Cost Trade Off (TCTO). Dari hasil analisa dengan metode PDM didapatkan 12 aktivitas yang ada pada jalur kritis. Berdasarkan simulasi Monte Carlo didapatkan hasil bahwa probabilitas proyek tersebut dapat selesai tepat waktu adalah 55% atau kemungkinan 45% akan terlambat. Durasi dan biaya optimum pada jalur kritis didapatkan pada penambahan 1 jam lembur. Total durasi proyek yang semula 595 hari menjadi 513 hari dengan selisih 82 hari, dengan total biaya yaitu sebesar Rp2.740.269.901.670 menjadi Rp 2.740.775.765.420 dengan selisih Rp505.863.750 dan juga cost slope yaitu Rp 6.169.070 per hari.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: Precedance Diagramming Method (PDM), Monte Carlo Method, Time Cost Trade Off, Percepatan Durasi Proyek
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC357 Harbor Engineering. Piers, quays, and wharves
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ineza Novita Risda Marpaung
Date Deposited: 20 Jun 2024 09:06
Last Modified: 20 Jun 2024 09:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74621

Actions (login required)

View Item View Item