Desain Sepatu Trainer Untuk Penyandang Disabilitas Satu Tangan

Wahono, Fajar (2020) Desain Sepatu Trainer Untuk Penyandang Disabilitas Satu Tangan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311540000063-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08311540000063-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Olahraga telah beranjak dari sekedar kegiatan rekreatif, hingga menjadi gaya hidup. Bagi mereka yang mendalami dunia olahraga secara serius juga dapat menjadikan dunia olahraga sebagai sumber penghidupan dan sarana berprestasi dengan menjadi atlet pada bidang-bidang olahraga tertentu. Tentu olahraga adalah hak semua orang tanpa terkecuali, termasuk bagi penyandang disabilitas. Namun pada kenyataannya penyandang disabilitas masih terhambat oleh stigma yang membuat mereka tersisih dari masyarakat. Terlebih jarangnya sepatu olahraga yang dapat dipakai dengan mudah oleh orang dengan kebutuhan khusus yang beredar di pasaran mempersulit penyandang disabilitas untuk berolahraga. Kebanyakan sepatu olahraga yang beredar di pasaran saat ini dikencangkan menggunakan tali dengan dua ujung, yang kemudian diikat dan disimpul dengan menggunakan kedua tangan, dan hal ini cukup menyulitkan bagi penyandang disabilitas. Sistem pengencangan yang umum digunakan adalah Velcro strap, yang mudah terlepas dalam intensitas penggunaan tinggi. Adapun sistem BOA lace yang sangat mudah digunakan namun cukup mahal. Sistem pengencangan baru yang mudah digunakan, kuat, dan terjangkau adalah hal yang dapat mengakomodasi kebutuhan dari penyandang disabilitas dengan disabilitas satu tangan ini, karena olahraga adalah cara untuk menjaga kesehatan psikis dan fisik mereka.
===============================================================================================================================
Sports used to be committed as a recreational activity, but nowadays sports have become a lifestyle. Sports also become a channel to get their accolades and income as well for those who take sports seriously, by being an athlete according to their preferences and talents. And of course, sports belong to everyone, without exceptions, for those with disabilities too. But in fact, The stigma existing in the society becomes a burden for them to expose themselves. Moreover, sports shoes produced nowadays fastened by conventional two-end laces lockdown system which requires more effort to be worn by ones with single-hand disabilities. Indeed there are few other options such as Velcro strap, which more likely to be worn out after an intense use, or BOA lace which is much easier to be operated, but once the lace breaks, the system can never be repaired, and the price for a pair of BOAs is quite expensive ($9.99 or about Rp150.000, amazon.com per November 19, 2019, just for the lacing system). A new lockdown system which is easy-to-use, durable, and affordable is what being required by these arm-impaired people, since however, sports is also an universal way to keep their physical and psychological health.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Disability, Easy to Use, Trainer Shoes
Subjects: T Technology > TS Manufactures
T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fajar Satria Wicaksana
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:58
Last Modified: 08 Jul 2024 06:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75227

Actions (login required)

View Item View Item