Wicaksono, Aditya Dwi (2015) Perancangan Electromechanical Brake Untuk Kendaraan Perkotaan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2111106004-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Sistem pengereman memiliki fungsi menghentikan laju
kendaraan. Sistem pengereman yang digunakan pada banyak
kendaraan adalah sistem pengereman hidrolik. Namun sistem
pengereman ini memiliki kelemahan yaitu respon lambat, lebih
berat secara keseluruhan dan kebocoran fluida rem berbahaya.
Untuk mengatasi kelemahan diatas, dirancang electromechanical
brake system.
Metode dalam tugas akhir ini adalah mengumpulkan data
city car kemudian dirancang electromechanical brake
berdasarkan clamping force. Ruangan yang tersedia panjang 350
mm, lebar 190 mm, dan tinggi 170 mm. Simulasi ini
menggunakan solidworks untuk mengetahui apakah komponen
dalam electromechanical brake ini mampu menahan clamping
force.
Dari perhitungan yang telah dilakukan sebagai berikut
panjang 307 mm, lebar 166 mm dan tinggi 166 mm. Sebagai
penggerak digunakan Planetary Gear, Motor tipe brushless DC
Motor, Power Screw, Batang Poros, Batang Ayun dan sistem
sambungan mekanisme yang terdiri dari Nut, Baut, Pin, Piringan
Rem, dan Kampas Rem. Material yang digunakan adalah AISI
4340 Steel, Normalized yang memiliki nilai tegangan ijin
maksimum 710.000.000 N/m2. Hasil simulasi dibagi dalam 3
bagian yaitu simulasi planetary gear dengan nilai tegangan
maksimum sebesar 246.595.552 N/m2, simulasi terhadap Screw,
nut dan head dengan nilai tegangan maksimum sebesar
v
223.013.760 N/m2 dan simulasi terhadap batang poros dan batang
ayun dengan nilai tegangan maksimum masing-masing sebesar
282.190.240 N/m2. Nilai tegangan maksimumnya lebih rendah
tegangan ijin materialnya, sehingga perencanaan komponenkomponen
ini aman
================================================================================================
The braking system has a function stop the vehicle.
Braking systems are used on many vehicles is the hydraulic
braking system. However, this braking system has the
disadvantage of slow response, heavier overall and dangerous
brake fluid leaks. To overcome the disadvantages of the above,
designed electromechanical brake system.
The method in this thesis is to collect data and then a city
car designed by electromechanical brake clamping force. This
simulation uses SolidWorks to determine whether the
components in the electromechanical brake is able to withstand
the clamping force.
From the calculations have been carried out as follows
length 307 mm, width 166 mm and height of 166 mm. As a
driver used Planetary Gear, Motor type brushless DC Motor,
Power Screw, Rod Shaft, Rod Ayun and connection system
mechanism consisting of Nut, Bolt, Pin, disc brakes, and the
brake lining. The material used is AISI 4340 Steel, which has a
Normalized maximum allowable stress value 710 000 000 N /
m2. The simulation results are divided into 3 parts, namely
simulated planetary gear with a maximum stress value of 246
595 552 N / m2, a simulation of the Screw, nut and head with a
maximum stress value of 223 013 760 N / m2 and a simulation
of the shaft and rod swing with value The maximum stress
respectively 282 190 240 N / m2. Lower maximum stress value
vii
allowable stress of material, so that the planning of these
components safe
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSM 621.317 Wic p |
Uncontrolled Keywords: | Sistem pengereman, Sistem pengereman hidrolik, Electromechanical brake, Solidworks, Planet Gear, Tegangan |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Yeni Anita Gonti |
Date Deposited: | 03 Mar 2020 03:33 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 03:33 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/75270 |
Actions (login required)
View Item |