Studi Eksperimen Karakteristik Getaran Sistem Utama Dengan Penambahan Double Dynamic Vibration Absorber (DVA) - Dependent

Agista, Prasetya (2015) Studi Eksperimen Karakteristik Getaran Sistem Utama Dengan Penambahan Double Dynamic Vibration Absorber (DVA) - Dependent. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2112106048-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2112106048-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Getaran berlebih dapat menimbulkan kerusakan pada
struktur atau mesin sehingga perlu direduksi. Salah satu cara
untuk mereduksi getaran yang berlebih adalah dengan
menambahkan Dynamic Vibration Absorber (DVA) pada
sistem utama.
Dalam tugas akhir ini akan dilakukan studi eksperimen
karakteristik getaran sistem utama 2 Degree of Freedom
(DOF) dan sistem paralel dengan penambahan double DVA
tersusun paralel dependent. Studi eksperimen dilakukan
dengan mengukur getaran pada sistem utama dengan
meletakkan accelerometer pada titik berat dan diujung sistem
utama dengan jarak yang ditentukan. Kemudian pengujian
dilakukan dengan variasi putaran motor (15, 20, 25,30, 35) Hz
dan beda sudut phasa 90°. Selain itu divariasikan jarak antar
2 DVA pada sistem paralel yaitu (5, 10,15) cm.
Hasil yang diperoleh dari tugas akhir ini adalah nilai
respon getaran berupa translasi pada variasi frekuensi 25 Hz
dengan variasi jarak DVA L/5 dengan nilai percepatan 6,30
m/s2 dan prosentase reduksinya adalah 65% dan rotasi pada
variasi frekuensi 25 Hz dengan variasi jarak DVA L/5 dengan
nilai percepatan 54,74 m/s2 dan prosentase reduksinya adalahii
38%. Dari hasil diatas dapat diketahui bahwa pada
penambahan double DVA pada variasi frekuensi 25 Hz
dengan variasi jarak DVA L/5 dapat meredam getaran pada
arah translasi dan rotasi dengan baik.
================================================================================================
Excessive vibration can cause damage to the structure or
machine that needs to be reduced. One way to reduce
excessive vibration is to add Dynamic Vibration Absorber
(DVA) in the main system.
In this final task will be carried out experimental study of
vibration characteristics of the main system 2 Degree of
Freedom (DOF) and a parallel system with the addition of
double DVA arranged parallel dependent. Experimental
studies conducted by measuring the vibration on the main
system by placing an accelerometer on the center of gravity
and the tip of the main system with the specified distance.
Then testing is done with a variation of motor rotation (15, 20,
25.30, 35) Hz and phase angle difference of 90 °. In addition
to vary the distance between the two DVA on a parallel system
that is (5, 10.15) cm.
The results of this thesis is the value in the form of
translational vibration response at 25 Hz frequency variation
with distance variation DVA L / 5 with an acceleration of 6.30
m / s2 and the reduction percentage is 65% and the rotation at
25 Hz frequency variation with distance variation DVA L / 5
with an acceleration of 54.74 m / s2 and the reductionii
percentage is 38%. From the above results it can be seen that
the addition of double DVA at 25 Hz frequency variation with
distance variation DVA L / 5 can dampen vibrations in the
direction of the translational and rotational well.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.243 Agi s
Uncontrolled Keywords: Getaran, Dynamic Vibration Absorber (DVA), Frekuensi motor, Sudut phasa, dan jarak antar 2 DVA
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA935 Vibration
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 10 Mar 2020 04:35
Last Modified: 10 Mar 2020 04:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75392

Actions (login required)

View Item View Item