Zefanya, Nathanael August (2016) Perumusan Strategi Bersaing Pada Perusahaan Ban Dengan Metode Analisis Portofolio Produk (Studi Kasus: PT Multistrada Arah Sarana, TBK). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2512101003-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Industri ban di Indonesia mengalami perkembangan pesat dalam kurun
waktu 10 tahun terakhir. Terjadinya peningkatan permintaan baik dari masyarakat
lokal maupun luar negeri membuat setiap produsen ban asal Indonesia untuk
berlomba-lomba mengembangkan produk bannya dalam meraih pangsa pasar
yang ada. Namun, terjadinya krisis ekonomi global menjadi penyebab
menurunnya pendapatan dan angka penjualan yang mempengaruhi
keberlangsungan bisnis dari produsen ban di Indonesia. Salah satu produsen ban
yang sedang berkembang adalah PT Multistrada Arah Sarana Tbk. (MASA)
dengan produk utamanya yaitu ban mobil dengan merek Achilles dan ban motor
dengan merek Corsa yang digunakan sebagai objek penelitian ini.
Untuk menjawab permasalahan yang ada, dilakukan analisis industri
dengan analisis PESTEL dan Porter’s Five Forces, identifikasi faktor lingkungan
internal dan eksternal dengan analisis SWOT serta merumuskan alternatif strategi
bersaing untuk direkomendasikan kepada PT MASA. Perumusan strategi
alternatif didapat dari hasil analisis Matriks BCG (Boston Consulting Group) dan
Matriks IE (Internal-Eksternal) sebagai analisis portofolio produk untuk
mendapatkan tema strategi alternatif dalam pembuatan Matriks SWOT. Strategi
alternatif kemudian diperingkatkan dengan metode QSPM (Quantitative Strategic
Planning Matrix) dan dilanjutkan dengan pembuatan rencana aksi bagi PT MASA
dalam jangka waktu 5 tahun ke depan.
Setelah dilakukan analisis industri, diketahui bahwa ancaman terbesar
datang dari pesaing produsen ban. Dari hasil analisis portofolio, PT MASA berada
di kuadran I karena memiliki koordinat IFE (Internal Factor Evaluation) serta
EFE (External Factor Evaluation) masing-masing 3,32 dan 3,26. Dari hasil
analisis Matriks Internal-Eksternal (Matriks IE), PT MASA direkomendasikan
untuk melakukan strategi grow and build. Hasil Matriks BCG menunjukkan
bahwa Achilles berada di kuadran dogs, sementara Corsa berada di kuadran
question marks. Terdapat 13 strategi alternatif hasil dari formulasi strategi dengan
menggunakan matriks TOWS. Dari hasil analisis QSPM, terdapat 7 alternatif
strategi terbaik dan rencana aksi untuk direkomendasikan kepada PT MASA
=========================================================================================================
Tire industry in Indonesia experienced the remarkable improvement in the
last 10 years. The occurrence of increasing demand on both from the local
community and abroad make each tire manufacturer from Indonesia have to
develop their products in order to grab the market share. But, the global
economic crisis is causing the declining sales and revenue on tire industry in
Indonesia. A developing tire manufacturer, PT Multistrada Arah Sarana, Tbk. or
MASA with their core products Achilles as their car tire brand and Corsa as their
motorcycle tire brand, are used as objects on this research.
To answer those problems, this research uses PESTLE analysis and
Porter’s Five Forces for industrial analysis, internal factor identification with
BMC, external factor identification, and strategy formulation for the
recommendations. The Alternative strategies use the outcome from BCG Matrix
and IE Matrix as product portfolio analysis as the theme of alternative strategies
on SWOT Matrix. Then the alternative strategies are ranked with TAS from
QSPM analysis. The higher priority of strategies will be used as the makin of
action plans for the next 5 years.
The results show that the biggest force is competitor on the industry
because of the higher brand loyalty. The portfolio analysis find out that PT MASA
is on 1st quadrant because it has 3,32 on IFE (Internal Factor Evaluation) and
3,26 on EFE (External Factor Evaluation). The outcome of BCG Matrix show us
that Achilles is on dogs quadrant,while Corsa is on question marks
quadrant.There are 13 alternative strategies from the formulation strategy with
SWOT Matrix. From QSPM analysis, there are the best 7 alternative strategies
with their action plans that recommended for MASA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSMB 658.401 2 Zef p |
Uncontrolled Keywords: | Perumusan Strategi, Industri Ban, Matriks IE Matriks BCG, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning. |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 20 Mar 2020 06:33 |
Last Modified: | 20 Mar 2020 06:33 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/75519 |
Actions (login required)
View Item |