Analisa Penggunaan Thermoelectric Sebagai Sumber Arus Listrik Pada Impressed Current Cathodic Protection (Iccp) Di Pelat Lambung Kapal

Rahman, Muhammad Fajrul (2016) Analisa Penggunaan Thermoelectric Sebagai Sumber Arus Listrik Pada Impressed Current Cathodic Protection (Iccp) Di Pelat Lambung Kapal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 4212100141-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4212100141-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Korosi merupakan salah satu permasalahan yang sering dijumpai di dunia kemaritiman, dikarenakan faktor lingkungan yang paling korosif. Kapal merupakan salah satu transportasi laut yang sering mengalami korosi dikarenakan material pembuatan kapal biasanya berasal dari logam paduan. Impressed Current Cathodic Protection (ICCP) atau proteksi katodik arus paksa adalah metode perlindungan logam dari korosi dengan cara dialiri arus listrik searah pada bagian anoda (+) dan katoda pada bagian pelat kapal (-). Selain permasalahan korosi, kapal juga merupakan salah satu media transportasi yang paling besar menghasilkan energi sisa dari pembakaran mesin dalam. Salah satu energi sisa terbesar yang dihasilkan adalah energi panas. Thermoelectric adalah salah satu alat yang dapat memanfaatkan energi panas tersebut dengan mengubahnya menjadi energi listrik. Untuk menghasilkan sumber arus listrik maka pada salah satu sisi panas dari Thermoelectric didekatkan pada bagian gas buang kapal. Penelitian ini ditujukan untuk dapat mengetahui efisiensi dan kinerja dari Thermoelectric sebagai sumber arus listrik dengan memanfaatkan media panas dari gas buang pada mesin kapal sebagai sumber arus listrik pada Impressed Current Cathodic Protection (ICCP). Untuk dapat melakukan penelitian ini diperlukan beberapa peralatan yaitu pembuatan Prototype Thermoelectric dengan cara menggabungkan Thermoelectric dengan Heat Sink dan udara
x
panas yang didapatkan dari keluaran Heat Gun. Pada percobaan penelitian Prototype Thermoelectric ini dilakukan 2 variasi percobaan, yaitu percobaan dengan sirkulasi natural (Natural Circulation) dan sirkulasi paksa (Force Circulation). Dari hasil percobaan sirkulasi paksa (Force Circulation) diperoleh hasil kinerja Thermoelectric termasuk paling efektif dan konstan dalam menghasilkan tegangan dan arus. Pada percobaan ini didapatkan rata-rata arus 0,48 A dan tegangan 4,76 V dalam waktu 10 menit dengan keluaran debit Heat Gun 420 l/min pada jarak 5 cm. Pada akhir penelitian ini dilakukan perhitungan kebutuhan Impressed Current Cathodic Protection (ICCP) pada Live Fish Carrier “Wellboat” Irish Flag dengan kebutuhan arus yang dihasilkan 2,66 A dan tegangan 17,29 V pada desain umur coating 3 tahun dan anoda 3 tahun. Jumlah Prototype Thermoelectric yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah 10 unit Prototype Thermoelectric dengan susunan rangkaian 6 seri dan 4 paralel sehingga dihasilkan arus sebesar 2,88 A dan tegangan 23,80 V
=====================================================================================================
Corrosion is the one of problem which often encountered in the maritime industries, because most corrosive environmental factors. Ships is the one of common maritime transport which easily get corrosion due to common material of ship made from metal alloy. Impressed Current Cathodic Protection (ICCP) is a method for protecting metal from corrosion by flowing direct current of electric in anode for positive current (+) and plate of ship for negative current (-). Beside of the corrosion problem, there is also one of the biggest problem from the combustion engine of the ship is unused energy. One of the largest unused energy is heat energy. Thermoelectric is one tool that can utilize the heat energy by converting it into electrical energy. To generate an electric source, then on the heat side of thermoelectric must close from the exhaust gas of ship to get high different temperature between the heat side and cold side of the Thermoelectric. This study aimed to ascertain the efficiency and performance of thermoelectric as a source of electricity by using heat from the exhaust gas of auxilary engine for Impressed Current Cathodic Protection (ICCP). To be able to do this research need some of the equipments, first are making Prototype Thermoelectric by combining Thermoelectric with Heat Sink and Thermal Paste, second Heat Gun as a replica of the Exhaust Gas
xii
which can blow a hot air. In this Prototype Thermoelectric research experiment conducted two variations of the experiment, Natural Circulation and Force Circulation. From the experimental results forced circulation was obtained the highest thermoelectric performance including the most effective and constant in producing voltage and current. In this experiment obtained an average current 0.48 A and voltage 4.76 V and in 10 minutes with Heat Gun discharge output of 420 l/min at a distance of 5 cm from the Thermoelectric. At the end of this research is calculating the amount of electricity for Impressed Current Cathodic Protection (ICCP) on Live Fish Carrier "Wellboat" Irish Flag which resulting the amount of current 2.66 A and voltage 17.29 V at the design age of coating 3 year and anode 3 years. So, to meet these amount of electricity needs 10 units of Prototype Thermoelectric with circuit arrangement 6 serial and 4 parallel which resulting the amount of current 2.88 A and voltage 23.80 V

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 621.312 43 Rah a
Uncontrolled Keywords: Korosi, Energi Panas, Thermoelectric, Impressed Current Cathodic Protection (ICCP), Sirkulasi Natural, Sirkulasi Paksa
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1322.6 Electric power-plants
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 07 Apr 2020 13:17
Last Modified: 07 Apr 2020 13:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75713

Actions (login required)

View Item View Item