Analisis Faktor Kepuasan Keluarga Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Inap Menggunakan Metode Structural Equation Model (SEM) Di Rumah Sakit XYZ

Meirina, Annisa Rafitri (2016) Analisis Faktor Kepuasan Keluarga Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Inap Menggunakan Metode Structural Equation Model (SEM) Di Rumah Sakit XYZ. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5211100144-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
5211100144-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sampai dengan tahun 2013 jumlah dari kelompok rumah sakit mengalami peningkatan dengan kenaikan rata – rata dari tiap kategori rumah sakit adalah, 9,25% untuk rumah sakit umum dan 12% untuk rumah sakit khusus. Dengan jumlah perkembangan rumah sakit yang semakin tinggi ini tentunya akan menimbulkan persaingan dalam hal kualitas layanan yang akan berpengaruh pada kepuasan pasien sebagai pelanggan dari rumah sakit. Pihak rumah sakit perlu melakukan analisis faktor kepuasan dari para pasien yang menunjukkan kecenderungan untuk memberikan tanda kepuasan berdasarkan pelayanan yang telah diberikan. Dan penelitian tugas akhir ini akan melakukan analisis faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan dari pasien rawat inap pada Rumah Sakit XYZ dengan menggunakan aspek kualitas layanan SERVQUAL dan untuk pengolahan data akan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Hasil yang didapat dari pengerjaan tugas akhir ini adalah dari enam faktor yang digunakan dalam analisis tugas akhir ini, terdapat dua faktor yang terbukti dapat mempengaruhi kepuasan pasien secara signifikan, yaitu variabel Responsiveness dan variabel Reliability
=====================================================================================================
Up to 2013 the number of hospital groups have increased, with the average increase of each hospitals category is 9.25% for public hospitals and 12% for specialty hospitals. With the high development in the amount of the hospital, it will create competition in terms of quality of service that will affect patient satisfaction as a customer of the hospital. The hospital needs to analyze the factors of satisfaction of the patients that showed a tendency to give a sign of satisfaction based on services rendered. And this research will be done by analyzing the factors influencing the satisfaction of the patients hospitalized in the XYZ hospital using service quality aspects SERVQUAL, whilst the data processing will be using Structural Equation Model (SEM). The result of this final project is out of six factors used in the analysis of this thesis, there are two factors that are proven to significantly affect patient satisfaction, which is variable Responsiveness and variable Reliability.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 519.535 4 Mei a
Uncontrolled Keywords: Rumah sakit; kualitas layanan; kepuasan pelanggan; analisis faktor; servqual; SEM
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.5 Principal components analysis. Factor analysis. Correspondence analysis (Statistics)
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 20 Apr 2020 22:24
Last Modified: 20 Apr 2020 22:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75836

Actions (login required)

View Item View Item