Febyanti, Rizka (2016) Desain Ulang Jembatan Thp Kenjeran Surabaya Dengan Menggunakan Balok I Girder Bentang 40m. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Preview |
Text
3114040603-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version Download (10MB) | Preview |
Abstract
Jembatan Taman Hiburan Pantai Kenjeran atau yang lebih dikenal dengan Jembatan THP Kenjeran dibangun pada jalur lintas jalan Tambak Deres sampai dengan jalan Sukolilo Kenjeran, Kota Surabaya. Jembatan THP Kenjeran yang dibangun di pinggir pantai dan sekaligus menjadi tempat wisata karena dilengkapi dengan anjungan dan air mancur. Kondisi existing jembatan saat ini yaitu terdiri dari struktur beton prategang bentang 30 m dan struktur slab on pile bentang 6 m dan 8,5 m. Jembatan THP Kenjeran direncanakan menggunakan beton prategang I-Girder dengan bentang 40 m, type struktur slab on pile bentang 6 m. Struktur utama dari Jembatan THP Kenjeran berupa balok prategang I (PCI), dengan metode post tension dan mutu beton K-800. Untuk plat lantai menggunakan konstruksi beton bertulang dengan metode cast insitu sehingga terjadi aksi komposit antara balok precast dan plat cor. dan untuk pilar juga direncanakan menggunakan beton bertulang dengan metode cast insitu. Sedangkan untuk struktur Slab On Pile berupa plat slab tebal 35 cm direncakan dengan metode half slab yaitu setengah precast setebal 24 cm dan overtopping setebal 11 cm. Dari hasil pengujian SPT didapatkan tanah keras pada kedalaman 24 m sehingga digunakan pondasi tiang pancang.
Desain jembatan ini menggunakan acuan/pedoman dari Design Struktur Beton Prategang (T.Y Lin dan Burns, 1982), RSNI T-02-2005 (Peraturan Pembebanan untuk Jembatan), RSNI T-03-2004 (Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan) dan Bridge Design Manual (BMS BDM, 1992), Bridge Design Code (BMS BDC, 1992) Selain itu perencanaan jembatan ini juga mengambil beberapa sumber pustaka sebagai bahan referensi..
==================================================================================================
Amusement Park Kenjeran Beach Bridges, better known by THP Kenjeran bridge built in Tambak Deres traffic lane road until Sukolilo Kenjeran, Surabaya . THP Kenjeran bridge built on the beach and also become a tourist spot with a pavilion and a fountain. The existing condition of the bridge is comprised of prestressed concrete structure spans 30 m and pile on slab structure span 6 m and 8.5 m. The THP Kenjeran bridge planned using prestressed concrete I-Girder span of 40m, type pile on slab structure span 6 m. The main structure of the THP Kenjeran bridge form prestressed I beam (PCI), a method of post-tension and quality of concrete K-800. To use the floor plate of reinforced concrete construction with cast insitu method resulting in composite action between the beams precast and cast plate. And to the pillars also structure planned to use reinforced concrete cast insitu method. As for the structure of slab on pile form of plates 35cm thick slab planned mothod that is half precast slab half as thick as 24 cm and 11 cm thick overtopping. SPT test results obtained the hard ground at a depth of 24m so used pile foundation.
Bridge Design using a references/guidelines of Prestressed Concrete Structures Design (TY Lin and Burns, 1982), SRNIT-02-2005 (Loading Regulation of Bridge), RSNIT0302004 (Concrete Structural Design for Bridge) and Bridge Design Manual (BMS BDM, 1992), Bridge Design Code (BMS BDC, 1992). In addition, the bridge design is also taking some literature sources as references.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | RSS 624.215 Feb d |
Uncontrolled Keywords: | Jembatan, Beton Prategang, Slab On Pile. |
Subjects: | T Technology > TG Bridge engineering |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4 |
Depositing User: | EKO BUDI RAHARJO |
Date Deposited: | 14 May 2020 02:57 |
Last Modified: | 14 May 2020 02:57 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/75979 |
Actions (login required)
View Item |