Analisis Kesesuaian Dan Dampak Perubahan Hierarki Bandar Udara Di Provinsi Kalimantan Utara

Syarif, Iif Ahmad (2016) Analisis Kesesuaian Dan Dampak Perubahan Hierarki Bandar Udara Di Provinsi Kalimantan Utara. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114206012-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
3114206012-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Rencana pengembangan bandar udara di Provinsi Kalimantan Utara yang terjadi pada tahun 2020 dan 2030 akan memengaruhi kondisi transportasi udara di Provinsi Kalimantan Utara, diantaranya adalah perubahan hierarki bandar udara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian kondisi eksisting bandar udara, serta dampak yang ditimbulkan akibat perubahan tersebut. Kriteria yang ditetapkan untuk perubahan hierarki bandar udara tersebut adalah cakupan pelayanan dan skala pelayanan. Jarak antar bandar udara akan diketahui melalui analisis jarak euclidean dan disusun ke dalam matriks jarak lurus langsung. Jumlah penumpang pada tahun rencana diprediksikan menggunakan analisis bangkitan dengan analisis korelasi berbasis zona. Dampak yang ditimbulkan dari perubahan hierarki bandar udara di Provinsi Kalimantan Utara adalah waktu tempuh, biaya operasional pesawat, tarif penumpang dan sebaran pergerakan penumpang. Hasil pada penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa jarak antar bandar udara Nunukan-Tanjung Harapan dan bandar udara Nunukan-Kol. R. A. Bessing yang memenuhi kriteria yaitu 147,3 km dan 129,9 km ≥ 120 km. Perubahan hierarki memberikan dampak positif berupa penghematan terhadap waktu tempuh paling maksimum untuk rute NNX-MLN sebesar 32,1 menit, penghematan pada biaya operasional pesawat paling maksimum adalah Rp. 15.375.960,- dan penghematan pada biaya perjalanan atau tarif penumpang paling maksimum adalah Rp. 483.230,-. Kriteria jumlah penumpang hanya terpenuhi oleh bandar udara Juwata yaitu 2.074.979 penumpang per tahun pada tahun 2020 sebagai bandar udara pengumpul sekunder dan bandar udara Kol. R. A. Bessing 250.029 penumpang per tahun sebagai bandar udara pengumpan. Perubahan hierarki bandar udara memberikan dampak pada penurunan tarif penumpang, sehingga pergerakan penumpang menjadi meningkat. Secara keseluruhan, perubahan hierarki memberikan peningkatan pada total sebaran penumpang sebesar 19,95 %, dari total prediksi sebaran penumpang pada tahun 2020 tanpa perubahan hierarki adalah 214.542 penumpang menjadi 257.340 penumpang
=======================================================================================================
The development of airports in The Province of North Borneo is planned to be executed in 2020 and 2030. This situation affect the air transport system as well as the hierarchy of the particular province. This research attempts to investigate the appropriateness of the changes and those impacts on the existing airport. Some criteria are applied in the changes of airport hierarchies. Those are service area and service level. The distance between airports was determined trough euclidean distance. Number of passengers in horizon year is projected through trip generation analysis based the correlation analysis of zones. The effect of changing airport hierarchies includes travel time, operational cost, ticket fare and passenger distribution. The results showed required distance between the two airports is only can be fulfilled by Nunukan-Tanjung Harapan and the Nunukan airport-Kol. R. A. Bessing with 147,3 km and 129,9 km ≥ 120 km. The travel time and travel cost are also reduced by 32,1 minutes and Rp. 15.375.960,-. Juwata airport meet the requirement of criteria on number of passengers. The change of hierachy also affected the reducing of ticket fare. Therefore, the change of hierarchy results in increasing number of passengers and distribution of passengers.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTS 629.136 Sya a
Uncontrolled Keywords: Matriks jarak, Waktu tempuh, Biaya oprasional, Tarif penumpang, Bangkitan pergerakan, Sebaran pergerakan, Hierarki bandar udara
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7.H5 Airports--Planning. Airport terminals--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 14 May 2020 11:48
Last Modified: 14 May 2020 11:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75987

Actions (login required)

View Item View Item