Desain Konseptual Marina Dengan Theory Of Constraint: Studi Kasus Pantai Boom Kabupaten Banyuwangi

Permana, I Gede Ketut Wiraputra (2016) Desain Konseptual Marina Dengan Theory Of Constraint: Studi Kasus Pantai Boom Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4411100001-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4411100001-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Banyuwangi memiliki berbagai macam potensi alam yang indah sebagai destinasi wisata.
Di Indonesia saat ini dilihat dari kunjungan kapal-kapal wisata (yacht) yang datang juga
meningkat. Maka dari itu salah satu pertimbangan melakukan pembangunan Marina di Pantai
Boom Kabupaten Banyuwangi sangat berpotensi. Penelitian ini membahas tentang proses
pembangunan Marina yang menggunakan metode Theory of Constraint dimana
pembangunannya dibatasi oleh constraint, yaitu kondisi fisik lokasi Pantai Boom (dilokasi yang
melakukan pengerukan sehingga posisi pelabuhan dekat dengan akses masuk, atau dilokasi
yang membangun breakwater jika pelabuhan dibangun dipinggir pantai). Hasil yang didapat
dari penelitian ini adalah dengan total arus yang datang sebanyak 348 kapal pembangunan
dermaga terbagi menjadi 3 Cluster dengan Cluster Small sepanjang 20 m dengan banyak
dermaga 8, Cluster Large sepanjang 47 m dengan banyak dermaga 2, dan Cluster Super
sepanjang 59 m dengan banyak dermaga 1 dan memiliki lebar 2 m. Selain fasilitas utama
terdapat fasilitas lain berupa Dry Dock, dibangun 4 tempat yang akan melayani 40 kapal dalam
1 tahun, dermaga Homebase dibangun untuk 4 kapal dengan panjang dermaga 7 m dan lebar 2
m, hotel dengan konsep resort 15 bangunan, fasilitas hiburan, restaurant, serta transportasi
terintegrasi. Dengan analisa Theory of Constraint biaya pembangunan dengan pengerukan
sebesar Rp. 68.941.059.198 dan pembangunan dengan membangun breakwater sebesar Rp.
85.704.084.626, dengan itu menunjukan bahwa biaya pembangunan dengan pengerukan
memiliki selisih Rp. 16.763.025.429 lebih murah. Dengan demikian dilihat dari nilai CBR
dengan tingkat inflasi 3,5% maka nilai CBR pembangunan dengan pengerukan nilainya 1.075
sedangkan pembangunan dengan membangun breakwater nilainya 0.961. Maka Marina Boom
di lokasi yang dilakukan pengerukan sangat berpotensi untuk pelabuhan yacht sedangkan
dilokasi yang akan dibangun breakwater nilai CBRnya masih dibawah sama dengan 1
===================================================================================================
Banyuwangi has various kinds of beautiful natural potentials for tourism objects. In
Indonesia itself, the yachts visits is also increasing nowadays. This potential is becoming one
of a good reason to build a Marina at Boom beach, Banyuwangi regency. This research is
discussing about the development of the Marina using the Theory Of The Constrant method,
where it’s development is limited by constrant, which is the physical condition of Boom beach
location (A location that dredging so that the position close to the port of entry, or a location
that building a breakwater if the port is built off the coast). The results obtained from this study
is the total current that comes as much as 348 boat pier construction is divided into three clusters
with Cluster Small length of 20 m with many docks 8, Cluster Large round 47 m with many
docks 2 and Cluster Super along 59 m with many docks 1 and has a width of 2 m. In addition
to the main facilities there are other facilities such as Dry Dock, built 4 places which will serve
40 ships in one year, the pier Homebase built to 4 vessels with a quay length of 7 m and a width
of 2 m, with the concept of resort 15 buildings, entertainment facilities, restaurant, and
integrated transport. With Theory of Constraint analysis of the cost of construction by dredging
Rp. 68,941,059,198 and development by building a breakwater Rp. 85,704,084,626, with it
shows that the cost of construction by dredging has a difference of Rp. 16,763,025,429 cheaper.
Thus viewed from the CBR with an inflation rate of 3.5%, the value of construction dredging
CBR value is 1,075 while the construction by building a breakwater value 0961. So Marina
Boom location dredged potential to harbor yacht while a location that will be built breakwater
CBRnya still below the value equal to 1

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSTrL 551.457 Per d
Uncontrolled Keywords: Pelabuhan marina, Pantai Boom di Banyuwangi, Theory of Constraint
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC203.5 Coastal engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Sea Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 29 May 2020 02:10
Last Modified: 29 May 2020 02:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76052

Actions (login required)

View Item View Item