Analisis Collision Pada Chassis Formula Sapuangin Speed Dengan Material Aluminium Menggunakan Metode Elemen Hingga

Ilhami, Abdillah Hadi Alif (2016) Analisis Collision Pada Chassis Formula Sapuangin Speed Dengan Material Aluminium Menggunakan Metode Elemen Hingga. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2112100046-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2112100046-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2016 ini, Tim Sapuangin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali berpartisipasi di ajang Student Formula Japan (SFJ) di Shizuoka Ecopa Stadium Japan. Kompetisi SFJ ini merupakan salah satu kompetisi Formula Student yang diadakan oleh Society of Automotive Engineering (SAE) di Jepang atau biasa disebut FSAE.. Tahun ini merupakan tahun ke 4 untuk Tim Sapuangin ITS menjadi partisipan dalam kompetisi tersebut dengan mobil formula yang bernama Sapuangin Speed 4 dengan menggunakan engine berkapasitas 450 cc. Pembuatan mobil formula Sapuangin Speed dimulai dari proses perancangan kendaraan seperti vehicle dynamic, chassis, body, engine, electrical dan drive train. Salah satu faktor krusial dan penting yang memengaruhi keamanan kendaraan terletak pada chassis. Perancangan chassis merupakan hal penting dalam proses pembuatan mobil formula Sapuangin Speed. Karena mobil yang dilombakan pada kompetisi SFJ harus memiliki chassis yang seringan mungkin agar beban yang ditopang engine menjadi minimal. Akan tetapi chassis harus kuat untuk keutamaan keselamatan driver ketika terjadi tabrakan. Metode penelitian yang digunakan adalah simulasi dengan menggunakan metode elemen hingga, dan system analisa yang digunakan adalah Eksplisit Dinamic.
=======================================================================================================
In 2016 ITS Team Sapuangin, delegation of Sepuluh Nopember Institute of Technology back to participate in Student Formula Japan. This competition held by Society of Automotive Engineer also called by FSAE. 2016 become the fourth year participation of ITS Team Sapuangin with their fourth generation of 450cc vehicle called Sapuangin Speed 4. The process for creating this car begin with vehicle design and simulation. Chassis design became one of the most important factor in safety. The competition –FSAE- had their own regulation for the safety issue, the participan challanged to design a light weight chassis with regulation to be fullfiled to make sure drivers safety in car collision. The methode that used in this final project is finite element with Explicit Dynamic analysis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.23 Ilh a
Uncontrolled Keywords: Chassis; impact attenuator; barrier; frontal collision
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 05 Jun 2020 17:58
Last Modified: 05 Jun 2020 17:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76099

Actions (login required)

View Item View Item