Studi Eksperimen Dan Analisa Laju Keausan Material Alternatif Pada Sepatu Rem Lokomotif

Gultom, Eskaridho (2016) Studi Eksperimen Dan Analisa Laju Keausan Material Alternatif Pada Sepatu Rem Lokomotif. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 2113105036-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2113105036-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sepatu rem yang digunakan pada sistem pengereman
lokomotif pada umumnya, sering mengalami keausan dini yang
diakibatkan oleh beban lokomotif berikut gerbong penumpang
dan jarak tempuh pengereman yang cukup jauh. Hal ini terjadi
dikarenakan adanya kontak antara brake shoes dan material besi
sebagai roda lokomotif. Oleh karena itu perlu dilakukan
penelitian untuk mengetahui laju keausan material alternatif
sepatu rem baru dengan menggunakan SS316 sebagai kontak
pergesekan.
Spesimen uji ditimbang dengan timbangan digital sebelum
dilakukan pengujian untuk mengetahui berat awal dan
mengetahui harga kekerasan material altenatif baru sepatu rem
resin serbuk baja. Pengujian dilakukan dengan menggunakan
kecepatan konstan maksimum yaitu 59,2 rpm dengan tiga variasi
beban mendekati maksimum hingga maksimum sebesar 90 N, 120
N dan 150 N dan beban konstan maksimum sebesar 150 N
dengan tiga variasi kecepatan mendekati maksimum hingga
maksimum sebesar 52,4 rpm, 56 rpm dan 59,2 rpm.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah analisa laju
keausan antara material alternatif resin serbuk baja dengan dua
dimensi spesimen pengujian yang digesekkan dengan material
stainless steel 316 sebagai disk. Pada kedua metode pengujian
memperoleh nilai rata-rata laju keausan 4114,9658 mm3/m3 untuk
variasi kecepatan dan 5593,7517 mm3/m3 untuk variasi beban
dari perolehan wear volume sebesar 1.554063 mm3 dan 1.685238
mm3. Pada tingkat laju keausan tertinggi, diperoleh umur
masing-masing spesimen berdasarkan alat uji tribometer pin on
disk untuk variasi kecepatan selama 1,12 tahun dan 1,48 tahun
untuk pengujian dengan variasi beban
=============================================================================================
In Generaly, brake shoes used in locomotive braking system
often have early wear caused by the burden of passenger
carriages and locomotives follows the braking distance is quite
far. This occurs due to the contact between brake shoes and iron
material as the locomotive wheels. Therefore it is necessary to
investigate alternative material wear rate using the new brake
shoes SS316 as friction contact material.
The test specimen is weighed with digital scales prior to
determine the initial weight and know the price of a new
alternative material hardness resin serbuk baja brake shoes.
Tests carried out using constant speed is 59.2 rpm with a
maximum of three variations of the load closer to the maximum of
up to a maximum of 90 N, 120 N and 150 N and a constant
maximum load of 150 N at speeds approaching the maximum of
three variations of up to a maximum of 52.4 rpm, 56 rpm and
59.2 rpm.
The results obtained from this study is to analyze the wear
rate between alternative material resin serbuk baja with twodimensional
test specimens are rubbed with 316 stainless steel
material as disk. In the second test method scored an average
wear rate 4114.9658 mm3/m3 for variations in the speed and
5593.7517 mm3/m3 for load variations from the acquisition wear
volume amounted to 1.554063 mm3 and 1.685238 mm3. At the
highest levels of wear rate, obtained by the lifetime of each specimen by the test equipment Tribometer pin on disk for speed
variations during 1,12 years and 1,48 years for testing with load
variation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 620.112 92 Per s
Uncontrolled Keywords: kekerasan, laju keausan, material alternatif resin serbuk baja, tribometer pin on disk, umur, variasi beban, variasi kecepatan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ669.B7 Locomotive brakes
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 30 Jun 2020 01:36
Last Modified: 30 Jun 2020 01:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76250

Actions (login required)

View Item View Item