Desain Sarana Berkebun Anak Usia 4-6 Tahun Sebagai Media Penunjang Perkembangan Kemampuan Serta Karakter Anak

Sa’diyah, Afifah Halimatus (2016) Desain Sarana Berkebun Anak Usia 4-6 Tahun Sebagai Media Penunjang Perkembangan Kemampuan Serta Karakter Anak. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 3412100147-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3412100147-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengembangan aspek kognitif dan karakter merupakan 2 hal yang sama
pentingnya dalam pendidikan usia dini, sebab penanaman ilmu pada usia dini
akan menjadi pondasi dari proses pembelajaran yang terus berkesinambungan.
Terdapat berbagai metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan karakter
anak, salah satunya ialah metode berkebun. Aktivitas berkebun pada anak terbukti
dapat menghasilkan perilaku serta keterampilan sosial yang positif. Menyadari hal
tersebut, dibutuhkan adanya sarana berkebun untuk anak yang sesuai dengan
kecenderungan serta perilaku anak. Proses desain diawali dengan observasi
lapangan dan interview pada pengguna langsung dan tidak langsung. Kemudian
data yang telah dikumpulkan diolah menjadi studi dan analisa untuk mendapatkan
solusi dari permasalahan serta kebutuhan yang ada. Mulai dari studi dan analisa
pengguna, eksisting, pengembangan desain, hingga produksi. Perancangan ini
menghasilkan sebuah rangkaian produk berkebun untuk anak dengan konsep
interactive, active learning dan easy gardening. Konsep-konsep ini
diimplementasikan pada; interactive planter, sebuah pot dengan indikator air yang
dapat memberikan timbal balik. Easy gardening growing kit, paket kebutuhan
berkebun yang terdiri dari biji, soil mix, serta flash cards. Kemudian active
learning gardening tools, paket perlatan berkebun yang terdiri dari sekop, garpu
tanah, dan penyiram tanaman
============================================================================================
Both cognitive and character development is important for early age education,
because the initiation of science at an early age will be a sustainable foundation
of the learning process. There are various methods that can be applied in attempt
of developing skills and character, one of them is through gardening. Gardening
activities on children have proven to produce positive behaviour and social skills.
Coming from this suggestion, there will be a demand of children’s gardening
facility which is suitable for the behaviour and the nature of a child. The design
process was begun with observation and interview to the direct and indirect users.
Then the collected data are being studied and analized in order to find the
solution of the problems and needs. Starting with user analysis and study,
existing, design development and also production. The result of this design project
is a series of gardening equipment for children with interactive, active learning
and easy gardening concept. These concept are implemented into; interactive
planter, a planter with water indicator which can gives feedback. Easy gardening
growing kit, a package of gardening needs which consist of seed, soil mix, and
flash cards. And then active learning gardening tools, a package of tools which
consist spade, fork and watering can

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 741.67 Sa`d d
Uncontrolled Keywords: Sarana berkebun, anak, pengembangan karakter, active learning
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 09 Jul 2020 03:22
Last Modified: 09 Jul 2020 03:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76341

Actions (login required)

View Item View Item