Analisa Dan Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Massa Roller, Konstanta Pegas Dan Sudut Kemiringan Drive Pulley Continuously Variable Transmission (Cvt) Pada Yamaha Mio Sporty 110cc

Kusuma, Pungky Indra (2016) Analisa Dan Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Massa Roller, Konstanta Pegas Dan Sudut Kemiringan Drive Pulley Continuously Variable Transmission (Cvt) Pada Yamaha Mio Sporty 110cc. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 2113105022-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2113105022-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada perkembangan dunia otomotif, khususnya sepeda motor terus mengalami perkembangan guna mendapatkan kestabilan dan kenyamanan dalam pengendalian. Produsen otomotif khususnya roda dua (sepeda motor) telah memproduksi kendaraan yang memakai sistem transmisi otomatis yang disebut dengan CVT (Continuously Variable Transmission) sistem. Sistem transmisi ini tidak menggunakan roda gigi namun memanfaatkan sistem pulley dan belt. Adanya variasi massa roller, konstanta pegas dan sudut kemiringan drive pulley yang dijual di pasaran mengindikasikan bahwa pemilihan dari ketiga jenis variasi tersebut yang sesuai dapat memperbaiki performa dari kendaraan standar, hal tersebut yang mendasari terlaksananya tugas akhir ini.
Pada tugas akhir ini data yang ingin diperoleh adalah torsi yang dihasilkan, rasio transmisi kendaraan, percepatan kendaraan dan gaya dorong kendaraan. Untuk mendapatkan nilai torsi, perlu dilakukan dynotest langsung pada roda belakang dengan variasi roller 9 gram dan 11 gram, konstanta pegas 7,5 N/mm dan 8,2 N/mm kemudian sudut kemiringan drive pulley 13,50 dan 130. Pada tiap
kombinasi massa roller, konstanta pegas dan sudut kemiringan drive pulley akan menghasilkan rasio transmisi yang berbeda. Percepatan dari kombinasi massa roller, konstanta pegas dan sudut kemiringan drive pulley didapatkan dari output dynotest berupa waktu tiap perubahan kecepatan. Dari waktu dan perubahan kecepatan ini bisa didapatkan nilai percepatan.
Dari hasil yang didapat pada analisa eksperimen kombinasi pada variasi C dengan massa roller 9 gram, sudut pulley 13 ͦ dan konstanta pegas 7,5 N/mm memiliki nilai gaya dorong paling tinggi pada kecepatan awal hingga kecepatan 50 km/jam dibandingkan variasi yang lain yaitu 1037,3 N pada kecepatan 15,906 km/jam dan juga memiliki nilai percepatan paling tinggi pada kecepatan awal hingga kecepatan 50 km/jam dibandingkan dengan kombinasi lain yaitu 10,712 m/s² pada kecepatan 15,906 km/jam. Namun, kombinasi pada variasi D mampu melalui sudut tanjakan maksimal terbesar dengan massa roller 11 gr, sudut pulley 13 ͦ dan konstanta pegas 7,5 N/mm yaitu sudut tanjakan maksimal sebesar 39,58°. Sedangkan kombinasi nilai sudut tanjakan maksimal terendah yang mampu dicapai yaitu pada variasi E dengan massa roller 9 gr, sudut pulley 13,5 ͦ dan konstanta pegas 8,2 N/mm yaitu sudut tanjakan maksimal sebesar 39,49°
==============================================================================================
In the development of the automotive world, especially the motorcycle had been developed in order to obtain stability and comfort in control. Automakers especially two-wheeler (motorcycle) has been producing vehicles that use automatic transmission system called CVT (Continuously Variable Transmission) systems. The transmission system does not use gears, but utilizing the system and belt pulley. Their variation roller mass, spring constant and the angle of the drive pulley on the market indicate that the selection of the three variations on the suite can improve the performance of the standard vehicle, it is the underlying implementation of this final project.
In this final data to be obtained is the torque generated, the transmission ratio of the vehicle, the vehicle acceleration and thrust of the vehicle. To obtain the torque value, dynotest needs to be done directly on the rear wheels with a variety of roller 9 grams and 11 grams, a spring constant of 7.5 N / mm and 8.2 N / mm then the angle of the
drive pulley 13,50 and 130. In each combination roller mass, spring constant and the angle of the drive pulley will produce different transmission ratios. Acceleration from a combination roller mass, spring constant and the angle of the drive pulley on the output dynotest be obtained every time a change of pace. Of time and changes in speed can be obtained acceleration value.
From the results obtained in the experimental analysis of the combination on the variation of C with a mass roller 9 grams, 13 ͦ pulley angle and the spring constant of 7.5 N / mm has the highest thrust value at initial speeds of up to 50 km / h compared to the other variations, namely 1037.3 N at a speed of 15.906 km / h and also have the highest acceleration value at initial speeds of up to 50 km / h compared to other combination ie 10.712 m / s² at a speed of 15.906 km / h. However, the combination of the variation D capable through a maximum angle of inclination biggest roller mass 11 g, 13 ͦ pulley angle and the spring constant of 7.5 N / mm is the maximum angle of inclination of 39.58 °. While the combination of the maximum angle of inclination lowest value that can be achieved, namely the variation of E with a mass of roller 9 g, 13.5 ͦ pulley angle and the spring constant of 8.2 N / mm is the maximum angle of inclination of 39.49 °

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 621.852 Kus a-1
Uncontrolled Keywords: Transmisi Otomatis, Massa Roller, Pegas, Sudut Kemiringan, Drive Pulley, Ratio Transmisi, Continuously Variable Transmission
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL214.T87 Automobiles--Motors--Turbochargers
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 16 Jul 2020 02:19
Last Modified: 16 Jul 2020 02:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76386

Actions (login required)

View Item View Item