Implementasi Fun At Work Dalam Rangka Meningkatkan Keterlibatan Kerja Proyek Grati PT.Hutama Karya (Persero)

Nugroho, Cahyo Aji (2020) Implementasi Fun At Work Dalam Rangka Meningkatkan Keterlibatan Kerja Proyek Grati PT.Hutama Karya (Persero). Masters thesis, InstitutTeknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211650026006-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
09211650026006-Master_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Suatu perusahaan dapat dikatakan berkembang apabila perusahaan tersebut dapat menjaga tingkat eksistensi sumber daya manusia-nya. Eksistensi di sini terkait dengan keterlibatan kerja yang baik dan kepedulian yang tinggi pada pekerjaaannya. Dalam hal ini, salah satu faktor yang mempengaruhi karyawan dapat bekerja dengan maksimal adalah suasana yang menyenangkan di tempat kerja. Proyek Grati merupakan salah satu proyek besar PT. Hutama Karya (Persero) dengan jumlah tenaga kerja yang cukup besar dan karakteristik khas proyek konstruksi yaitu memiliki potensi tingkat kejenuhan atau stress yang tinggi. Data observasi menunjukkan bahwa peusahaan berupaya mengkondisikan iklim fun at work pada keseharian kerja di proyek. Akan tetapi, hal ini belum terkonfirmasi karena belum adanya penelitian yang membahas implementasi fun at work dalam rangka meningkatkan keterlibatan kerja karyawan di Proyek Grati PT. Hutama Karya (Persero).
Penelitian deskriptif eksploratif ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi fun at work pada Proyek Grati PT. Hutama Karya (Persero) dalam dalam rangka meningkatkan keterlibatan kerja karyawan dan mengidentifikasi apa saja hambatan yang dialami serta upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan keterlibatan kerja karyawan dengan menggunakan implementasi program fun at work.
Metode pengumpulan data adalah melalui survey pendahuluan dan utama melalui web-based questionnaire, interview dan observasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa deskriptif kualitatif yaitu analisis interaktif Miles & Huberman ini terdiri dari tiga tahapan: (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data, dan (3) Penarikan dan Pengujian Kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah implementasi 4 (empat) dimensi fun at work (socializing at work, celebrating at work, personal freedoms, dan global fun at work) secara nyata membentuk suasana kerja yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan keterlibatan kerja karyawan yang meliputi 3 (tiga) dimensi semangat, dedikasi dan penyerapan kerja. Hasil penelitian juga menunjukkan hambatan dan upaya untuk mengatasinya dalam rangka mengimplementasikan fun at work untuk meningkatkan keterlibatan kerja karyawan yang meliputi: a) faktor teknis, b) faktor sosial eksternal, c) faktor finansial (keuangan), d) fast progam mengejar schedule, e) kedisiplinan dan integritas karyawan.

Kata kunci: fun at work, keterlibatan kerja, penelitian deskriptif explorative

=======================================================

Nowadays, maintain the level of existence of human resources becomes critical importance for companies. Existence here is associated with good work engagement and high concern for work. In this case, companies must inspire and enable employees to apply their full capabilities to their work by conditioning supportive working environment called fun at work. Grati Poject, PT. Hutama Karya (Persero) holds a big project. As a project accommodating many employees, the company realizes some internal and external factors that potentially create distraction and disharmony fostering disengagement and disrupting its flow. Anticipating this condition, Grati Poject, PT. Hutama Karya (Persero) creates some forms of workplace fun offer individual employees enjoyment which stimulates greater overall engagement with the team and company itself. However, this has not been confirmed because there is no research in this project discussing about the implementation of fun at work in order to increase employee involvement in Grati Project PT. Hutama Karya (Persero).
This study descriptive explorative aims to evaluate the implementation of fun at work in Grati Project PT. Hutama Karya (Persero) in order to increase employee work engagement and identify the obstacles/ problems in it. This research also reveals the efforts/ strategies taken by the company to maintain employee work involvement by implementing fun at work program.
Method of data collection in this study use preliminary survey and main survey through web-based questionnaire, interview and observation. Method of data analysis use descriptive qualitative gained from Miles & Huberman interactive analysis which consist of: (1) Data Reduction, (2) Present Data, and (3) Taking and Testing Conclusion. Result of this study are implementation 4 (four) fun at work dimension (socializing at work, celebrating at work, personal freedoms, dan global fun at work) that it real make work environment become fun then automatically improve employee work involvement which consist of 3 (three) dimension of vigor, dedication and work absorption. Result of this study also indicate problem and effort to resolve in order to implementation fun at work to improve employee work involvement which consist of : a) technical factor, b) social external factor, c) financial factor, d) fast program schedule, e) employee discipline and integrity

Keywords: fun at work, work involvement, descriptive explorative research

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: fun at work, keterlibatan kerja, penelitian deskriptif explorative Keywords: fun at work, work involvement, descriptive explorative research
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ)
Depositing User: CAHYO AJI NUGROHO
Date Deposited: 04 Aug 2020 08:16
Last Modified: 17 May 2023 03:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76817

Actions (login required)

View Item View Item