Adiawan, Ni`mat Bagus (2016) Perancangan Autocontrol Tug Boat Berbasis Logika Fuzzy Untuk Sistem Guidance Kapal LNG. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2412100091-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Indonesia memiliki wilayah perairan yang luas. Oleh sebab
itu perlu dilakukan pengembangan IPTEK guna membangun
sistem transportasi laut yang modern. Pada tugas akhir ini telah
dirancang autocontrol tug boat berbasis logika fuzzy untuk sistem
guidance kapal LNG. Tujuannya agar tercipta rancangan sistem
kendali guidance yang dapat meminimalisir error lintasan pada
kapal LNG yang dibantu oleh navigasi dari kapal tug boat sebagai
referensi. Sistem autocontrol yang digunakan dalam simulasi ini
menggunakan Kendali Logika Fuzzy (KLF) Sugeno-Takagi. Pada
simulasi dirancang dua sistem pengendalian yang saling
terintegrasi yaitu sistem pengendali tug boat dan LNG, agar hasil
simulasi mendekati dengan kondisi yang sebenarnya maka
diberikan gangguan berupa angin dengan variasi kecepatan angin
dan sudut datang angin yang berbeda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa simulasi sistem Guidance kapal LNG
dengan kapal tug boat dapat mengikuti trayektori yang telah
ditentukan. Hasil simulasi sistem tanpa gangguan diperoleh nilai
error lintasan maksimum kapal LNG sebesar 1,19 m dan nilai
error minimum sebesar 0,01 m. Sedangkan hasil simulasi dengan
gangguan angin diperoleh nilai error lintasan maksimum sebesar
1,88 m dan nilai error lintasan minimum sebesar 0,10 m.
==================================================================================================================
Indonesia has a vast territorial waters. Therefore it is
necessary for the development of science and technology in order
to build a modern marine transport system. In this final project
has been designed autocontrol tug boat fuzzy logic-based
guidance system for LNG ships. The goal is to create a draft
guidance control system to minimize errors in the trajectory of
LNG ships assisted by a tug boat navigation of the ship as a
reference. Autocontrol system used in this simulation using Fuzzy
Logic Control (KLF) Sugeno-Takagi. n simulations designed two
mutually integrated control system ie control system and LNG tug
boat, so that the simulation results closer to the actual conditions
it is provided in the form of wind interference with the variation
of wind speed and wind angle of incidence different. The results
showed that the simulation system Guidance LNG ship with tug
boat can follow a predetermined trajectory. The results of the
simulation system without interruption maximum track error
values obtained LNG vessel of 1.19 m and a minimum error value
of 0.01 m While the results of the simulation with wind
disturbance trajectory error values obtained maximum of 1.88 m
and a minimum value of the track error of 0.10 m
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSF 623.823 2 Adi p |
Uncontrolled Keywords: | Sistem guidance; autocontrol; logika fuzzy; error lintasan |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM464 Towboats. Tugboats |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 04:30 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 04:30 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/76907 |
Actions (login required)
View Item |