ANALISA GAYA, PORSI, KONTRIBUSI DAN EFISIENSI SISTEM REM REGENERATIF PADA EZZY ITS II

Walla, Ariesto Christopher Faradico (2020) ANALISA GAYA, PORSI, KONTRIBUSI DAN EFISIENSI SISTEM REM REGENERATIF PADA EZZY ITS II. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 02111640000007-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02111640000007-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Driving cycle merupakan serangkaian data yang mewakili kecepatan kendaraan versus waktu sebagai bentuk representasi dari keadaan jalan tertentu yang sebenarnya. Kepentingan dari penggunaan driving cycle dalam menganalisa kendaraan adalah mengurangi biaya tes jalan, waktu tes dan kelelahan pengemudi. Driving cycle yang digunakan pada penelitian sebelumnya mengenai bus Transjakarta kurang mempresentasikan keadaan jalan dalam kota yang sebenarnya karena banyaknya kecepatan konstan yang terjadi. Sehingga hasil analisanya kurang akurat apabila diaplikasikan secara langsung. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa lebih dalam mengenai sistem rem regeneratif pada mobil listrik.
Jenis kendaraan yang diteliti adalah city car EZZY ITS II sebagai objek penelitian dan menganalisa sistem rem regeneratifnya dengan driving cycle Prius dan WLTP. Pemakaian city car adalah karena jenis kendaraan ini banyak digunakan oleh masyarakat. Penambahan driving cycle Prius adalah untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dengan kondisi jalan di Surabaya. Penelitian dimulai dengan analisa porsi dan gaya pengereman mekanis dan regeneratif kendaraan. Tujuannya adalah agar kendaraan tetap stabil saat pengereman. Penelitian dilanjutkan dengan analisa kontribusi dan efisiensi sistem rem regeneratif pada tiap driving cycle. Analisa ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh sistem rem regeneratif pada mobil listrik dan membandingkan hasil analisanya berdasarkan driving cycle yang digunakan.
Hasil dari penelitian ini didapati sistem rem regeneratif pada kendaraan bekerja secara penuh pada rentang j/g 0-0,8 untuk gear pertama. Hasil penelitian ini cukup signifikan dikarenakan rem regeneratif dapat menggantikan peran rem mekanis roda depan kendaraan. Kontribusi sistem rem regeneratif yang didapatkan adalah 38,82% untuk driving cycle Prius dan 30,36% untuk driving cycle WLTP. Efisiensi sistem rem regeneratif yang didapatkan 67,94% untuk driving cycle Prius dan 58,94% untuk driving cycle WLTP. Kontribusi dan efisiensi yang didapatkan tersebut sudah lebih baik daripada penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL152.5 Motor vehicles Driving
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL220 Electric vehicles and their batteries, etc.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ariesto Christopher Faradico
Date Deposited: 14 Aug 2020 02:45
Last Modified: 17 May 2023 13:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77135

Actions (login required)

View Item View Item