OPTIMALISASI INVESTASI SI/TI DENGAN METODE COST BENEFIT ANALYSIS (CBA) DI INSTANSI PEMERINTAH

Wiratama, Adhitya (2020) OPTIMALISASI INVESTASI SI/TI DENGAN METODE COST BENEFIT ANALYSIS (CBA) DI INSTANSI PEMERINTAH. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211650053020-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
09211650053020-Master_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Badan Pengelola Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) yang merupakan instansi pengelola pendapatan daerah dari sektor pajak dan mengelola keuangan daerah kota Surabaya (bpkpd.surabaya.go.id). Dalam meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat, BPKPD memerlukan investasi Sistem Informasi (SI) dan Teknologi Informasi (TI) untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan. Oleh karena itu, investasi TI harus diterapkan dengan baik dan penuh pertimbangan, karena Investasi SI/TI jika dialokasikan dengan tepat, dapat mendukung organisasi dalam melaksanakan strategi bisnisnya dan meningkatkan keunggulan kompetitif. Sebaliknya, jika tidak dialokasikan dengan tepat, investasi TI merupakan suatu hal yang sia-sia bagi organisasi karena setelah dibuat tidak digunakan atau mungkin memang tidak diperlukan oleh organisasi tersebut, bahkan berpotensi menimbulkan masalah baru.
Berdasarkan permasalahan investasi yang dialami BPKPD seperti Investasi TI tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis dan manajemen proyek yang tidak dikelola dengan baik, maka BPKPD harus jeli dalam menentukan kelayakan suatu program sebelum berinvestasi. Terkait dengan proses pengambilan keputusan mengenai kelayakan suatu proyek atau program, BPKPD memerlukan suatu alat analisis yang mampu digunakan dalam meminimalkan kesalahan dalam pemilihan keputusan. Oleh karena itu, peneliti menggunakan dua metode yaitu Ward and Peppard untuk menganalisis perencaan strategis yang menghasilkan investasi apa saja yang dibutuhkan dan dianalisis menggunakan Cost Benefit Analysis (CBA) untuk mengetahui apakah investasi menguntungkan atau merugikan dan untuk memilih investasi mana yang layak diprioritaskan. Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan analisis kebutuhan yang terdiri dari: 5 usulan investasi SI, 1 usulan investasi TI dan 2 usulan investasi Manajemen SI/TI. Delapan usulan investasi yang diperoleh dari analisis dengan metode Ward and Peppar, setelah dianalisis kelayanakannya menggunakan metode CBA, menghasilkan 1 usulan investasi TI yang tidak layak atau unfeasible dari 8 usulan investasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Management Technology > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Adhitya Wiratama
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:36
Last Modified: 31 May 2023 01:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77400

Actions (login required)

View Item View Item