Perancangan Antarmuka Berbasis Komponen Deklaratif Untuk Pengunjung Pada Modul Ajak Teman Di Sistem Pemasaran UMKM

Witjaksono, Muhammad Kemal (2020) Perancangan Antarmuka Berbasis Komponen Deklaratif Untuk Pengunjung Pada Modul Ajak Teman Di Sistem Pemasaran UMKM. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640000153-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211640000153-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Strategi pemasaran yang baik sangat diperlukan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menunjang keberlangsungan bisnis mereka. Konsep ajak teman (referral marketing) menjadi salah satu yang mulai digunakan UMKM melalui media sosial mereka. Beberapa tantangan hadir dari penerapan strategi tersebut, salah satunya tentang bagaimana UMKM kesulitan melacak keberhasilan dari kampanye. Terdapat kesulitan saat penjualan untuk mengetahui apakah pembeli datang sendiri atau diajak oleh temannya. Motivasi ini penting sebagai upaya mengajak calon pelanggan (pengunjung) berkontribusi melalui penawaran yang dibagikan.
Sejumlah tahapan penggalian data dan informasi dilakukan pada tugas akhir ini. Penggalian peluang fitur dilakukan terhadap 3 platform pemasaran berbasis daring yang sudah digunakan banyak pengguna. Hasil analisis menjadi pertimbangan ide dan fitur yang akan diwujudkan sebagai solusi alternatif yang akan diwujudkan. Sebagai data pendukung, penelitian pengguna juga dilakukan untuk mengetahui motivasi individu dalam mendapatkan suatu keuntungan dari penawaran. Metode wawancara secara daring serta observasi digunakan pada penelitian ini kepada 6 partisipan yang pernah terlibat dalam aktivitas pemasaran secara daring. Perancangan alternatif solusi dilakukan menggunakan metode design process dan diwujudkan dalam bentuk purwarupa berbasis kode dengan pendekatan pemrograman deklaratif menggunakan komponen dari React Native. Bentuk perancangan tersebut membantu untuk menghasilkan suatu aplikasi perangkat bergerak yang mudah dikembangkan dan dapat diimplementasikan pada berbagai sistem operasi perangkat bergerak. Purwarupa kemudian diujikan kepada 12 partisipan yang representatif untuk mendapatkan timbal balik yang digunakan untuk meningkatkan kegunaan pada aplikasi. Pengujian dilakukan dengan metode usability testing dan dilakukan sebanyak 2 iterasi. Dari hasil tersebut dilakukan analisis terhadap timbal balik dari partisipan untuk selanjutnya dilakukan perbaikan berdasarkan prioritasnya.
Berdasarkan hasil penelitian pengguna ditemukan tujuan desain bagi calon pelanggan UMKM untuk tertarik akan mengambil voucher dari penawaran yang dibagikan. Selanjutnya ditemukan sejumlah fitur utama berdasarkan hasil analisis kompetitif yaitu berupa penawaran yang bisa dibagikan melalui suatu tautan di mana calon pelanggan dapat mengunduh serta membagikan voucher yang diperoleh. Tiga layar utama telah diimplementasi dan diuji pada sistem operasi Android. Adapun masukan dari hasil pengujian sangat penting dalam mempersingkat alur serta meningkatkan sisi visual dan kegunaan. Masukan menarik untuk pengembangan selanjutnya juga disampaikan seperti peluang diberikan fitur untuk bisa menghubungi pemilik UMKM setelah mengambil voucher pada layar terakhir.
===============================================================================================
A good marketing strategy is needed for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) to support the sustainability of their business. The concept of inviting friends (referral marketing) is one of those that MSMEs have begun to use through their social media. Some challenges came from the implementation of the strategy, one of them was how the SMEs had difficulty tracking the success of the campaign. There are difficulties when selling to find out whether a buyer comes alone or is invited by a friend. This motivation is important as an effort to invite potential customers (visitors) to contribute through shared offers.
A number of stages of extracting data and information are carried out in this thesis. possible feature implementation research is carried out on 3 online-based marketing platforms that have been used by many users. The results of the analysis take into consideration ideas and features that will be realized as alternative solutions that will be realized. As supporting data, user research is also conducted to determine the motivation of individuals in getting a profit from the offer. Online interview and observation methods were used in this study to 6 participants who had been involved in online marketing activities. Designing alternative solutions is carried out using the process design method and is realized in the form of a code-based prototype with a declarative programming approach using components from React Native. The design form helps to produce a mobile application that is easily developed and can be implemented on a variety of mobile operating systems. The prototype was then tested on 12 representative participants to obtain feedback which was used to improve the usability of the application. Testing is done by the usability testing method and is done by 2 iterations. From these results an analysis of the reciprocity of the participants was then made based on their priorities.
Based on the results of user research found a design goal for prospective MSME customers to be interested in taking vouchers from shared offers. Then found a number of key features based on the results of competitive analysis in the form of offers that can be shared via a link where potential customers can download and share the vouchers obtained. Three main screens have been implemented and tested on the Android operating system. The input from the test results is very important in shortening the flow and improving the visual side and usability. Interesting input for further development was also conveyed as an opportunity to be given a feature to be able to contact MSME owners after taking a voucher on the last screen

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: User Experience, Application Interfaces, Declarative Components, MSMEs, Design Process, Usability Testing, Pengalaman Pengguna, Antarmuka Aplikasi, Komponen Deklaratif, UMKM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T11 Technical writing. Scientific Writing
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Kemal Witjaksono
Date Deposited: 19 Aug 2020 02:31
Last Modified: 26 May 2023 13:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78546

Actions (login required)

View Item View Item