Alifya, Siluet Re Re (2020) Analisis Faktor yang Memengaruhi Intensi Penggunaan Aplikasi Reservasi Tiket Pesawat pada Perangkat Seluler dengan Structural Equation Modeling. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
05211640000072-Undergraduate_Thesis.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Konteks: Untuk meningkatkan layanan dalam bisnis dan berkompetensi di pasar, maskapai penerbangan menawarkan aplikasi pemesanan tiket pesawat (flight ticket booking application) yang dapat diunduh di smartphone. Oleh karena itu, perusahaan penerbangan perlu mengetahui hal – hal apa saja yang memengaruhi konsumennya untuk menggunakan aplikasi pemesanan tiket pesawat. Studi ini menggunakan data yang dikumpulkan dari individu di Indonesia untuk mengetahui intensi mereka dalam menggunakan aplikasi pemesanan tiket pesawat.
Permasalahan: Penelitian tentang reservasi online sudah sangat luas dikalangan manajemen dan pemasaran maskapai. Pengguna smartphone di Indonesia juga memiliki jumlah yang besar. Sebanyak lebih dari 100 juta orang dewasa di Indonesia dari total 250 juta jiwa penduduk Indonesia memiliki smartphone. Sementara ini, berdasarkan laporan survei yang dibuat oleh DailySocial, dari total 2030 responden, penggunaan mobile application untuk pemesanan tiket pesawat sejumlah 69,09% namun hanya ada 13,39% yang memesan langsung ke official airline application. Ini membuktikan bahwa perusahaan penerbangan perlu membangun aplikasi ponsel yang lebih dapat diterima oleh konsumen, sehingga, diperlukan adanya analisis tentang faktor-faktor apa saja yang memengaruhi intensi pelanggan dalam penggunaan aplikasi pemesanan tiket pesawat.
Tujuan: Studi ini dilakukan untuk menganalisis faktor yang memengaruhi intensi penggunaan aplikasi pemesanan tiket pesawat. Harapannya, studi ini dapat mengetahui hubungan struktural dari variabel yang memengaruhi aplikasi pemesanan tiket pesawat terhadap mobile devices pada kasus aplikasi maskapai penerbangan Indonesia. Selain itu, juga untuk meningkatkan capaian indikator pada variabel laten yang memengaruhi aplikasi pemesanan tiket pesawatpada kasus aplikasi maskapai penerbangan Indonesia berdasarkan model riset Suki & Suki.
Metode: Pengambilan data sampel untuk penelitian ini menggunakan penyebaran kuisioner yang disebarkan kepada individu yang pernah menggunakan Garuda Indonesia Mobile Application (GIA Mobile). Studi ini menggunakan model yang diimplementasikan dari penelitian sebelumnya oleh Suki & Suki berdasarkan teori Technology Acceptance Model (TAM). Dari data hasil kuesioner yang terkumpul, dilakukan analisis dengan menggunakan metode Structur Equation Modelling (SEM) digunakan dengan bantuan software SPSS untuk pre-processing data dan AMOS untuk validasi model dan uji hipotesis.
Hasil: Hasil dari studi yang sudah dilakukan menghasilkan kesimpulan dari dua sisi yaitu untuk rekomendasi penelitian selanjutnya dan untuk manajemen perusahaan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan intensi penggunaan aplikasi pemesanan tiket pesawat dipengaruhi secara signfikan oleh persepsi nilai yang didapatkan (perceived value) sebesar γ = 0.471 (direct effect) dan oleh persepsi kemudahan (perceived ease of use) sebesar β = 0.255 (indirect effect) melalui variabel mediasi perceived usefulness (PU). Selain itu, diberikan juga rekomenadsi peningkatan pengaruh variabel untuk manajemen perusahaan maskapai penerbangan untuk pengembangan aplikasi pemesanan tiket pesawat kedepannya.
Nilai tambah: Studi ini dilakukan untuk menambahkan keterbaruan pada ilmu di dua sisi yaitu menentukan faktor-faktor yang secara signifikan memengaruhi intensi penggunaan aplikasi pemesanan tiket pesawat dan mendapatkan variabel baru yang memengaruhi intensi penggunaan aplikasi pemesanan tiket pesawat pada kasus aplikasi maskapai penerbangan Indonesia yang dapat digunakan oleh perusahaan maskapai penerbangan untuk mengembangkan aplikasi mereka.
==========================================================
Context: To increase business service and be able to compete in airline market, airline companies provide flight ticket booking application that can be used on mobile devices. Therefore, airline companies should know the factors affecting customer's intention to use their flight ticket booking application. This study uses the data collected from individual in Indonesia to know their intention to use such apps.
Problem: Studies related to online booking has been widely conducted among management of airline companies. Inodonesia also has wide range of smartphone users. At least more than 100 million adults in Indonesia has their own smartphone from the total of 250 million Indonesian citizen. Meanwhile, based on a survey report conducted by DailySocial, form 2030 of total respondent, there 69.09% people purchase their flight ticket via their mobile devices but only as little as 13.39% from the 69.09% go to the official arline application. It indicates that airline companies need to develop their mobile application that are more accepted by costumers. Hence, an analysis of factors towards intention to use flight ticket booking application needs to be done.
Purpose: This study aims to analyze factors affecting intention to use flight ticket boooking application by airline companies. The results of the study are expected to be able to discover a structural connection between variables that influence the intention to use flight ticket booking application in the case of Garuda Indonesia Mobile Application. Other than that, to also increase the achieved indicator on variable affecting the intention to use based on Suki & Suki research model.
Method: Data for the study were collected by questionnaire distribution to individual in Indonesia that have used Garuda Indonesia Mobile Application (GIA Mobile). The study implemented a model from a previous research by Suki & Suki based on Technological Acceptance Model (TAM) theory. From the data collected, several analyses were done using the Structural Equation Modeling (SEM) method with the help of SPSS software for pre-preocessing data phase and AMOS software for model validation and hypothesis testing.
Result: The result of this study produces knowledges for two sides; airline company management, and future research. Based on the conducted study, intention to use flight ticket booking application is signficantly affected by perceived value with γ = 0.471 (direct effect) and perceived ease of use with β = 0.255 (indirect effect) via perceived usefulness as mediation variable. Futhermore, recommendations are also given for affected variable for airline company management to develop their flight ticket booking application in the future.
Added value: This research is done to add two new values in the field. The knowledge includes (1) to determine factors that significantly influence the intention to use flight ticket booking application and (2) to add new variable that can influence the intention to use flight ticket booking application in the case of Indonesian airline company that hopefully can be used by company to later develop their mobile application.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flight Ticket Booking Application; Intention to Use; SEM; TAM; Customer Relationship Management |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Siluet Re Re Alifya |
Date Deposited: | 22 Aug 2020 04:02 |
Last Modified: | 11 Jun 2023 13:13 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/79197 |
Actions (login required)
View Item |