Perancangan dan Pengembangan Aplikasi Backend untuk Sistem Manajemen Vendor UMKM Giyomi.id Menggunakan SOA Spring Boot

Krisdyan, Etika Pahang (2020) Perancangan dan Pengembangan Aplikasi Backend untuk Sistem Manajemen Vendor UMKM Giyomi.id Menggunakan SOA Spring Boot. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640000056-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211640000056-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Giyomi.id merupakan UMKM di bidang garmen. Giyomi.id bekerjasama dengan vendor untuk proses produksi garmennya. Ketergantungan Giyomi.id kepada vendor membuat pengawasan dan dokumentasi performa vendor menjadi sangat penting. Kesalahan dalam memilih vendor yang performanya tidak mencapai target, disebabkan oleh metode pengawasan konvensional sehingga dapat berdampak pada keterlambatan proses produksi dan penjualan sampai menciptakan kerugian finansial bagi Giyomi.id.
Bening 2019 melakukan penelitian dengan luaran berupa prototipe sistem manajemen vendor Giyomi.id, sehingga dibutuhkan adanya penelitian lanjutan mengenai pengembangan aplikasi sistem manajemen vendor tersebut. Melihat permasalahan pada pengawasan vendor Giyomi.id dan hasil penelitian yang dilakukan oleh Bening pada tahun 2019, maka dikembangkan sebuah aplikasi backend sistem manajemen vendor beserta dokumentasi aplikasi backend. Aplikasi backend dikembangkan melalui kerangka kerja Spring Boot yang mendukung sistem untuk menggunakan arsitektur SOA dan didokumentasikan menggunakan Swagger. Pengembangan aplikasi backend menggunakan Waterfall Software Development Life Cycle (SDLC) agar pengembangan dapat berjalan tepat waktu.
Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi backend sistem manajemen vendor sesuai prototipe sistem manajemen vendor yang telah tersedia dengan fitur utama yaitu manajemen Surat Perintah Kerja (SPK), manajemen vendor dan manajemen akun pengguna. Penelitian ini juga menghasilkan dokumentasi sistem backend yang diperlukan untuk penelitian selanjutnya, yaitu pengembangan aplikasi frontend sistem manajemen vendor.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Manajemen Vendor, Backend, SOA, Spring Boot, Swagger, Vendor Management System.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Etika Pahang Krisdyan
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:35
Last Modified: 04 Nov 2023 14:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79604

Actions (login required)

View Item View Item