Studi Penentuan Lokasi Stasiun Light Rail Transit Rute Cibubur-Bogor

Nur Ananda, Ramadhan Daru (2020) Studi Penentuan Lokasi Stasiun Light Rail Transit Rute Cibubur-Bogor. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211640000092-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08211640000092-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Transportasi sangat dibutuhkan untuk masyarakat dan selalu meningkat. Dengan adanya penyediaan dapat membantu kebutuhan pergerakan manusia yang berpindah-pindah salah satunya adalah Light Rail Transit. Transportasi LRT ini sudah tertera pada Rencana Induk Transportasi Jabodetabek yang memiliki 3 fase pembangunan serta terdiri dari berbagai macam trase yang berada di wilayah Jabodetabek. Secara eksisting fase 2 masih dalam perencanaan dimana belum ditentukan letak lokasi stasiun LRT. Oleh karena itu perlu untuk menetukan lokasi stasiun Light Rail Transit rute Cibubur-Bogor yang optimal.

Penelitian ini menggunakan tiga alat analisis yaitu Delphi
untuk mengidentifikasi kriteria-kriteria lokasi stasiun LRT, Analytical Hierarchy Process untuk menganalisis bobot kriteriakriteria lokasi stasiun LRT, dan analisis skoring untuk merumuskan lokasi optimal stasiun LRT rute Cibubur-Bogor yang optimal. Hasil studi menujukkan terdapat kriteria penentuan lokasi stasiun LRT dengan penilaian bobot tertinggi sampai terendah menurut para ahli adalah jaringan jalan, jaringan angkutan umum, campuran penggunaan lahan, dan kedekatan dengan pusat kegiatan, jaringan pedestrian, asal-tujuan perjalanan, ketersediaan
penggunaan lahan, jumlah penduduk, dan kepadatan penduduk. Berdasarkan hasil analisis skoring diperoleh 18 titik stasiun LRT yang terbagi menjadi 2 kriteria penilaian skoring yaitu 9 titik stasiun dalam kriteria sesuai dan 9 titik stasiun dalam kriteria cukup sesuai. Dari 18 titik stasiun LRT terpilih menjadi 6 titik stasiun berdasarkan Rencana Peraturan Presiden yang ditetapkan antara lain Kecamatan Cimanggis di Kota Depok, Kecamatan Gunung Putri, Kecamatan Citeureup, Kecamatan Babakanmadang, dan Kecamatan Sukaraja di Kabupaten Bogor dan Kecamatan Bogor Selatan di Kota Bogor.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Light Rail Transit, Stasiun, Analisis Lokasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
T Technology > TF Railroad engineering and operation
T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF652 Station management
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ramadhan Daru Nur Ananda
Date Deposited: 22 Aug 2020 07:38
Last Modified: 04 Nov 2023 14:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79951

Actions (login required)

View Item View Item