PENGEMBANGAN BACKEND UNTUK PELANGGAN PADA MODUL AJAK TEMAN DI SISTEM PEMASARAN UMKM

Farabi F, M. Ihsan (2020) PENGEMBANGAN BACKEND UNTUK PELANGGAN PADA MODUL AJAK TEMAN DI SISTEM PEMASARAN UMKM. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640000097-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211640000097-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

UMKM dalam menjalankan usahanya membutuhkan cara untuk mempromosikan produknya dengan cepat dan dalam jangkauan yang luas dengan memanfaatkan sumber daya secara efisien. UMKM selama ini masih menggunakan cara manual untuk mencatat pelanggan baru dan pelanggan loyal. Strategi pemasaran UMKM yang masih menggunakan referral manual seperti melakukan sosialisasi kepada kerabat menyebabkan jangkauan penyebaran informasi tersebar pada lingkup yang kecil. Terdapat peluang untuk mengotomasi pekerjaan ini secara efisien menggunakan sistem.
Arsitektur yang sedang populer di cloud saat ini adalah dengan memisahkan frontend dan backend. Pada tugas akhir ini fokus pada pengembangan backend dimana layanan bisa dikonsumsi oleh frontend. Dengan beragam variasi frontend (web, mobile), proses bisnis dikembangkan terpisah pada backend dibuat supaya pengembangan kode lebih produktif. Limitasi dari tugas akhir ini adalah pengembangan aplikasi hanya berfokus pada backend yang akan menghasilkan web service dan pengembangan aplikasi hanya sampai pada tahap pengujian sistem.
Pengembangan backend menggunakan SDLC Waterfall yang dimulai dari analisis kebutuhan, perancangan, implementasi dan pengujian. Bahasa pemrograman yang dipakai adalah C# dengan menggunakan ASP.NET Core sebagai kerangka kerja pengembangan aplikasi dan Swagger sebagai tools untuk mendokumentasikan web API.
Luaran yang dihasilkan dari tugas akhir ini adalah aplikasi backend dan dokumentasinya. Aplikasi backend yang dikembangkan dipecah menjadi beberapa servis. Aplikasi backend dikembangkan menggunakan arsitektur REST yang menghasilkan Web API yang dapat dikonsumsi oleh berbagai macam frontend. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian fungsional, pengujian performa dan pengujian keamanan. Semua endpoint yang dibuat lolos uji fungsional, performa, dan keamanan. Penelitian ini hanya fokus pada modul ajak teman sehingga dibutuhkan pengembangan modul lainnya dalam penelitian selanjutnya agar aplikasi mempunyai fitur yang lengkap.
Tugas akhir ini dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan perangkat lunak dengan arsitektur microservice. Aplikasi backend siap digunakan oleh aplikasi frontend yang dikembangkan oleh Kemal (2020), Agung (2020), dan Akram (2020) agar menjadi aplikasi pemasaran yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM. Aplikasi backend telah memenuhi kebutuhan fungsional berdasarkan rancangan antar muka yang dirancang untuk melakukan otomasi terhadap pencatatan pelanggan baru dan pelanggan loyal UMKM. Oleh karena itu dengan digunakannya aplikasi frontend yang didukug oleh aplikasi backend pada tugas akhir ini, UMKM akan dapat melakukan pemasaran dan pencatatan pelanggan secara efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: MSME, Referral Marketing, Microservice Architecture, Back-end, UMKM
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK105.8883 Web authoring software (include web server)
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: M. Ihsan Farabi F
Date Deposited: 26 Aug 2020 09:47
Last Modified: 16 May 2023 07:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80862

Actions (login required)

View Item View Item