Analisis dan Perancangan Modifikasi Peti Kemas Multifungsi untuk Muatan Mobil Balap dan Perlengkapannya

Himawan, Kahfi Adhiatma (2020) Analisis dan Perancangan Modifikasi Peti Kemas Multifungsi untuk Muatan Mobil Balap dan Perlengkapannya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04411340000042-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04411340000042-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Seiring bertambahnya jumlah mobil yang ada, hal ini menimbulkan makin banyaknya event-event balap mobil yang ada di Indonesia. Ada beberapa event balap yang terselenggara di Indonesia, diantaranya Slalom Test, Rally, Speed Offroad, Adventure Offroad dan Touring. Mobil-mobil yang dipakai untuk mengikuti event tersebut adalah mobil yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tidak bisa untuk dipakai di jalanan umum. Event yang diselenggarakan berpindah tempat di setiap serinya. Hal ini membutuhkan suatu alat transportasi untuk mengangkut mobil tersebut dari tempat awal menuju sirkuit dimana diselenggarakan event tersebut. Alat transportasi yang biasa digunakan untuk mengangkut mobil balap tersebut di Indonesia umumnya adalah truck towing car carrier. Truck ini mempunyai kekurangan yaitu terbatasnya jumlah mobil yang bisa diangkut di tiap truck dan truck tersebut hanya bisa dipakai untuk mengangkut mobil, perlengkapan tim tidak bisa terbawa dan harus diangkut menggunakan truck lain.Ide peti kemas multifungsi adalah peti kemas yang dimodifikasi untuk bisa mengangkut mobil balap, dan juga bisa mengangkut seluruh barang yang dibutuhkan oleh suatu tim balap dalam mengikuti setiap eventnya. Nantinya peti kemas multifungsi ini akan dikirim menggunakan moda transportasi darat yaitu truck dan moda transportasi laut yaitu kapal.Peti kemas multifungsi ini bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan karena banyaknya cabang balap yang ada di Indonesia dan banyaknya tim-tim balap yang ikut serta secara aktif di cabang-cabang balap yang ada.
=
As the number of existing cars increases, this has led to more car racing events in Indonesia. There are several racing events held in Indonesia, including Slalom Test, Rally, Speed Offroad, Adventure Offroad and Touring. The cars used to participate in the event are cars that have been modified in such a way that they cannot be used on public roads. The events that are held change places in each series. This requires a means of transportation to transport the car from the starting place to the circuit where the event is held. The means of transportation commonly used to transport these racing cars in Indonesia are generally truck towing car carriers. This truck has a disadvantage, namely the limited number of cars that can be transported in each truck and the trucks can only be used to transport cars, the team's equipment cannot be carried away and must be transported using another truck. The idea of a multi-functional container is a container that is modified to be able to transport a racing car, and can also transport all the items needed by a racing team in participating in each event. Later these multi-functional containers will be shipped using land transportation, namely trucks and sea transportation, namely ships. This multifunctional container can be a profitable business because of the many racing branches in Indonesia and the many racing teams that actively participate in existing racing events.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peti Kemas Multifungsi; Mobil; Towing; Kapal; Pelabuhan; Multifunction Container; Car; Towing Truck; Ship; Harbour
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering
Depositing User: Kahfi Adhiatma Himawan
Date Deposited: 27 Aug 2020 06:03
Last Modified: 02 Jan 2024 08:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81169

Actions (login required)

View Item View Item