Santoso Putri, Jofan Giantirta (2020) Perancangan Boardgame Tentang Sejarah Aliran Gaya Desain dengan Metode Gamifikasi Sebagai Media Pembelajaran. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
08311340000184-Undergraduate_Thesis.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Sejarah aliran gaya desain merupakan salah satu materi terpenting yang perlu dipelajari mahasiswa jurusan desain. Mereka perlu memahami konteks sejarah pada setiap aliran gaya desain sebagai referensi dan inspirasi untuk membentuk karya baru. Dengan memberi perhatian terhadap sejarah, mahasiswa tak hanya menjadi lebih peka terhadap faktor historis yang mempengaruhinya, namun juga dapat mendorong pengambilan keputusan- keputusan yang lebih bermakna dalam berkarya. Untuk mendukung hal tersebut, diperlukannya sebuah media pembelajaran yang dapat memberikan pengetahuan seberapa jauh pemahaman mahasiswa terhadap sejarah aliran gaya desain. Sebuah media yang menerapkan metode belajar yang berbeda untuk memberikan pengalaman belajar yang baru, yaitu dengan media boardgame menggunakan metode gamifikasi.
Metode perancangan boardgame meliputi studi literatur yaitu mengkaji teori tentang sistematika dan mekanisme boardgame, komponen dan aspek yang diperlukan dalam boardgame, dan buku sejarah desain yang akan menjadi acuan konten. Kemudian studi eksisting boardgame untuk mempelajari penyajiannya. Mengumpulkan data primer berupa kuisioner. Serta perancangan konsep desain, alternatif desain, dan final desain boardgame.
Perancangan boardgame bertujuan sebagai media pendukung pembelajaran yang dapat memberikan instant feedback melalui metode gamifikasi yang digunakan. Mahasiswa dapat mengetahui seberapa jauh pemahaman mereka terhadap materi, kemudian dapat belajar dari kekurangan mereka dengan memainkan boardgame berulang kali. Boardgame juga dapat dijadikan referensi visual (ilustrasi) untuk membuat karya baru.
=========================================================
The history of design movements is one of the most important thing that design students need to study. They need to understand the historical context in each movement as a reference and inspiration to create new artworks. By paying attention to history, students not only become more sensitive to the historical factors that influence them, but can also encourage more meaningful decisions in their work. To support this, a learning media is needed that can provide knowledge on how far students understand the history of design movements. A media that applies different learning method to provide a new learning experience, namely the board game using the gamification method.
The board game design methods include literature studies that examine theories about systematics and board game mechanisms, components and aspects needed in board game, and design history books that will provide the content. Then study the existing board game to study its presentation. Collecting primary data in the form of questionnaires. As well as designing the concepts, the alternative designs, and the final board game design.
The design of the board game is intended as a learning media that can provide instant feedback through the gamification method it uses. Students can find out how far they understand the content, then they can learn from their shortcomings by playing the board game over and over again. The board game can also be used as visual references (illustrations) to create new artworks.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | boardgame, aliran gaya desain, media pembelajaran, gamifikasi,instant feedback, board game, history of design movements, learning media, gamification, instant feedback |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Divisions: | Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Jofan Giantirta Santoso Putri |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 05:10 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 02:04 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/81606 |
Actions (login required)
View Item |