Perancangan Video promosi B29 untuk meningkatkan potensi wisata Kabupaten Lumajang

Kafie, Siti Masdhirah (2020) Perancangan Video promosi B29 untuk meningkatkan potensi wisata Kabupaten Lumajang. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311540000122-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08311540000122-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

B29 adalah salah satu objek wisata alam unggulan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Pemerintah Lumajang turut mendukung pengembangan wisata B29 melalui pembangunan infrastruktur dan promosi. Namun, kalender promosi yang tidak konsisten dan kurangnya eksistensi dibanding tempat wisata lain menjadi penyebab turunnya jumlah wisatawan B29. Media promosi harus lebih digalakkan, salah satunya melalui video. Video B29 yang sudah ada kurang maksimal dan cenderung tidak memiliki konsep. Padahal, video promosi dengan konsep yang matang dapat menampilkan kemegahan B29 Lumajang yang menarik bagi para wisatawan. Penulis merancang video ini sebagai upaya dalam meningkatkan wisatawan B29 Lumajang, khususnya yang berusia 18-25 tahun.
Penulis melakukan penelitian kualitatif berupa: 1. Metode studi literatur dan studi eksisting untuk mendapatkan analisa data sekunder, 2. Metode observasi di B29 Lumajang, 3. Metode wawancara dengan penduduk sekitar mengenai kelebihan wisata B29, 4. Studi eksperimental yang meliputi pembuatan naskah, storyboard, hingga proses pembuatan video promosi, 5. Depth interview dengan pakar storytelling dan pakar videografi yang digunakan untuk mendapatkan konsep desain video, dan 6. Post-test terhadap target audiens untuk mendapatkan informasi keefektifan video dalam mempromosikan wisata B29.
Perancangan ini menghasilkan luaran video promosi berdurasi 4 menit yang memiliki konsep Journey, Beauty, dan Feeling. Video ini bercerita tentang seseorang yang sedang mengalami konflik kehidupan sehingga memutuskan untuk pergi menuju B29 Lumajang dan menemukan ketenangan. Sesuai dengan konsepnya, wisatawan yang berencana mengunjungi B29 akan dibuat kagum oleh keindahan alam di sepanjang perjalanan menuju Puncak B29, melihat sunrise, sunset, dan menikmati pemandangan negeri di atas awan. Diharapkan perancangan video promosi ini dapat memberikan nilai lebih pada keunggulang B29, sehingga dapat menambah wisatawan B29 dan meningkatkan potensi wisata Kabupaten Lumajang.

Kata kunci: Lumajang, Wisata Alam, Video Promosi, Puncak B29

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Lumajang,Wisata Alam,Video Promosi,Puncak B29
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G155 Tourism
T Technology > TR Photography > TR845 Cinematography. Video recordings.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Siti Masdhirah Kafie
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:18
Last Modified: 09 Jan 2024 08:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81675

Actions (login required)

View Item View Item