Pemanfaatan Fiber Optik Singlemode-Multimodesinglemode (SMS) Sebagai Sensor Alkohol Dalam Larutan

Rofianingrum, Mefina Yulias (2016) Pemanfaatan Fiber Optik Singlemode-Multimodesinglemode (SMS) Sebagai Sensor Alkohol Dalam Larutan. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2414201009-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
2414201009-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Alkohol telah banyak digunakan dalam berbagai macam bidang baik industri makanan, industri obat-obatan dan bioteknologi. Namun, pada kadar tertentu alkohol juga dapat membahayakan manusia. Oleh karena itu diberlakukan aturan mengenai batas maksimal kandungan alkohol yang diperbolehkan dalam masing-masing bidang, misalnya dalam industri makanan. Di Indonesia, kadar maksimal alkohol pada makanan yang diperbolehkan oleh BPOM adalah 5%. Oleh karena itu, analisis kadar alkohol sangat diperlukan agar tidak terjadi konsumsi alkohol berlebih dan untuk mencegah dampak buruk dari konsumsi alkohol tersebut. Dalam melakukan pengujian kadar alkohol pada minuman BPOM tidak bisa mengetahui langsung kadar alkohol yang terkandung dalamnya. Minuman tersebut diuji di Laboratorium untuk mengetahui kelayakannya. Proses uji Laboratorium membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga bagi para pedagang tidak bisa langsung mengetahui apakah minumannya diperbolehkan untuk dijual. Dalam penelitian ini dikembangkan biosensor berbasis fiber optik berstruktur Singlemode-Multimode-Singlemode (SMS) untuk mengetahui konsentrasi alkohol pada campuran alkohol-air. Sensor fiber optik SMS ini memanfaatkan prinsip sensing indeks bias. Cahaya laser ditransmisikan pada fiber optik SMS yang bagian cladding multimodenya dimodifikasi dengan larutan alkohol sehingga daya output yang dihasilkan akan berubah seiring perubahan konsentrasi alkohol dalam larutan. Fiber optik SMS yang telah difabrikasi memiliki panjang multimode 3 mm ; 5 mm; 7 mm, 8 mm; 10 mm ; 12,5 mm; 14 mm dan 15 mm; 40 mm dan 60 mm. Dari penelitian ini, diketahui bahwa fiber optik SMS dengan panjang multimode 15 mm memiliki sensitivitas yang paling baik yaitu sebesar 0,858 dB per % v/v dengan range pengukuran 0 hingga 5 % v/v pada panjang gelombang 1310 nm dan struktur dengan panjang multimode 10 mm memiliki sensitivitas mencapai 1,425 dB per % v/v dengan range pengukuran 2,5 hingga 5 % v/v pada panjang gelombang 1550 nm.
==============================================================================================================
Alcohol has been used in various field such as food industry, medicine industry and biotechnology. However, it also has some disadvantages if it overly consumed. Therefore, there are some limitation of allowed alcohol concentration in each field. In Indonesia, allowed alcohol concentration in food is 5%. Food and also beverages are being tested before they are sold. But the testing procedure takes long time in laboratory. In this research, Singlemode-Multimode-Singlemode (SMS) fiber optic was developed to sense alcohol concentration in alcohol-water solution. Fiber optic SMS structure sensor used refractive index sensing principle. Laser light was transmitted through fiber optic SMS structure with modified multimode cladding by alcohol solution. The power output would change due to alcohol concentration’s changing. Fabricated SMS fiber optic has multimode length 3 mm ; 5 mm; 7 mm, 8 mm; 10 mm ; 12,5 mm; 14 mm dan 15 mm; 40 mm and 60 mm. From this research, we got the fiber optic SMS structured with 40 mm of multimode length with sensitivity 0,858 dB per % v/v with measure range 0% to 5% v/v at 1310 nm and 10 mm of multimode length with sensitivity 1,425 dB per % v/v with measure range 2,5% to 5% v/v at 1550 nm.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTF 681.25 Rof p
Uncontrolled Keywords: Alkohol, Sensor, SMS, Larutan, BPOM, dB, Larutan
Subjects: Q Science > QC Physics > QC448 Fiber optics.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 03 Sep 2020 06:41
Last Modified: 03 Sep 2020 06:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81751

Actions (login required)

View Item View Item