UNIT COMMITMENT DENGAN MEMPERTIMBANGKAN SECURITY CONSTRAINED MENGGUNAKAN QUANTUM GENETIC ALGORITHM

Yogi Agung Susanto, Yogi (2020) UNIT COMMITMENT DENGAN MEMPERTIMBANGKAN SECURITY CONSTRAINED MENGGUNAKAN QUANTUM GENETIC ALGORITHM. Other thesis, ITS.

[thumbnail of BUKU TA YogiAgung - 07111640000085.pdf]
Preview
Text
BUKU TA YogiAgung - 07111640000085.pdf
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Unit Commitment (UC) merupakan penjadwalan operasional unit pembangkit listrik untuk memenuhi kebutuhan daya listrik pada rentang waktu tertentu dengan tujuan untuk memperoleh total biaya pembangkitan yang ekonomis. Jumlah daya yang dibangkitkan setiap saat berubah sesuai dengan kebutuhan beban (sesuai kurva beban harian). Penjadwalan pembangkit sehingga mendapatkan jumlah pembangkitan daya yang optimal digunakan studi Unit Commitment. Dalam studi ini terdapat batasan-batasan yang harus diperhatikan yaitu power balance, spinning reverse, ramp rate dan minimum up and down time. Untuk mendapatkan penjadwalan pembangkit yang optimum dan memenuhi batasan yang dibutuhkan, ada bebera metoda yang bisa digunakan, salah satunya dengan perhitungan algoritma artificial intelligence.
Pada tugas akhir ini dilakukan studi unit commitment dengan mempertimbangkan security constrained dan rugi-rugi daya pada jaringan menggunakan metode Quantum Genetic Algorithm (QGA). Studi ini dilakukan untuk perubahan beban selama 24 jam. Hasil yang didapat dengan metode QGA dibandingkan dengan perhitungan menggunakan metode Genetic Algorithm (GA) menunjukkan bahwa metode QGA cukup akurat digunakan untuk perhitungan optimasi pembangkit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK201 Electric Power Transmission
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1007 Electric power systems control
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1322.6 Electric power-plants
Depositing User: Yogi Agung Susanto
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:04
Last Modified: 31 May 2023 01:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81853

Actions (login required)

View Item View Item