Kamaludin, Tubagus (2014) Modifikasi Jembatan Cisudajaya – Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat Dengan Sistem Rangka Batang Menggunakan Material Fiber Reinforced Polymer (Frp). Undergraduate thesis, Sepuluh Nopember Institute of Technology.
Preview |
Text
3110100076-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Jembatan Cisudajaya ini menghubungkan ruas jalan
antara Kabupaten Sukabumi dengan Kabupaten Cianjur atau
Kota Bandung. Jembatan ini dibangun sebagai salah satu
prasarana trnasportasi yang menghubungkan Kabupaten
Sukabumi dengan Kota Bandung. Bangunan eksisting pada
jembatan ini berupa jembatan girder.
Tugas akhir ini mencoba memberikan alternatif untuk
mendesain ulang Jembatan Cisudajaya di Kabupaten Sukabumi,
Jawa Barat dengan sistem rangka batang menggunakan material
Fiber Reinforced Polymer (FRP). Jembatan ini mempunyai
bentang sekitar 30 meter. Material ini memang jarang dijumpai
di Indonesia. Akan tetapi material ini mempunyai beberapa
keunggulan, antara lain berat material yang lebih ringan
dibandingkan beton dan baja sehingga pada saat pelaksanaan di
lapangan akan lebih mudah dan lebih murah pada saat proses
pemasangannya. Selain itu dari segi perawatan jembatan,
material Fiber Reinforced Polymer (FRP) tidak perlu
membutuhkan perawatan yang ekstra seperti jembatan rangka
batang baja lainnya, karena material ini tahan terhadap korosi.
Oleh karena itu jembatan yang menggunakan material ini bisa
dikatakan lebih ekonomis jika dibandingkan dengan jembatan
baja dan beton yang sering kita temui di Indonesia.
Jembatan dengan material Fiber Reinforced Polymer
(FRP) ini sudah diproduksi dalam jumlah besar di negara maju
seperti Amerika Serikat, Jerman, Spanyol, dan China. Meskipun
dengan bentang pendek ( 20 meter), jembatan dengan material
ini tentunya bisa kita contoh untuk diaplikasikan di negara kita.
Karena inovasi tersebut bisa membuka wawasan untuk
masyarakat sekitar kita dan bisa mamjukan dunia ketekniksipilan
di Indonesia.
Secara umum perencanaan jembatan ini menggunakan
literatur perencanaan jembatan seperti Bridge Management
System (BMS, 1992), RSNI T – 02 – 2005 sebagai acuan
pembebanan. Sedangkan untuk perencanaan dimensi profil
strukturnya akan dilakukan terlebih dahulu (preliminary)
kemudian baru dikontrol sesuai dengan kontrol kekuatan profil
yang ada pada peraturan perencanaan struktur AISC – LRFD
serta literatur – literatur yang ada di website (strongwell corp).
========================================================================================================
This Cisudajaya bridge connecting roads between
Sukabumi to Bandung or Cianjur. The bridge was built as one of
the transportation infrastructure that connects Sukabumi to
Bandung. Building on the existing bridge is a bridge girder.
This final project tries to provide an alternative to
redesign the bridge Cisudajaya in Sukabumi, West Java with a
truss system using materials Fiber Reinforced Polymer (FRP).
This bridge has a span of about +_ 30 meters. This material is
rarely found in Indonesia. However, this material has several
advantages, including a lighter weight material than concrete and
steel so that when the implementation on the ground will be
easier and cheaper during the installation process. Also in terms
of bridge maintenance, materials Fiber Reinforced Polymer
(FRP) no need to require extra care as other steel truss bridges,
because these materials are resistant to corrosion. Therefore, the
bridge uses this material can be said to be more economical when
compared to steel and concrete bridge that we often encounter in
Indonesia.
Bridge with material Fiber Reinforced Polymer (FRP)
has been produced in large quantities in the developed countries
like USA, Germany, Spain, and China. Despite the short span (
20 meters), the bridge with the course material we can for
example be applied in our country. Because of these innovations can bring more information to the community around us and the
world could bring forward civil engineering in Indonesia.
In general, this bridge planning using the planning
literature as Bridge Management System (BMS, 1992), RSNI T -
02-2005 as the reference load. As for planning dimensional
structure profiles will be done first (preliminary) new then
controlled according to the power control profiles that exist on
the structure of the planning regulations AISC - LRFD and
literature - literature available on the website (strongwellcorp).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSS 624.217 Kam m 3100014057631 |
Uncontrolled Keywords: | Jembatan Cisudajaya; jembatan rangka batang; material; fiber reinforced polymer (FRP) |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 TG300 Bridges--Design and construction. T Technology > TG Bridge engineering > TG362 Box girder bridges--Design and construction. |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Yeni Anita Gonti |
Date Deposited: | 18 Dec 2020 06:02 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 06:02 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/82316 |
Actions (login required)
View Item |