Manajemen Lalu Lintas Akibat Pembangunan Rumah Sakit Tipe - C Desa Pilang – Sidoarjo

Hardianida, Gita Vindi (2014) Manajemen Lalu Lintas Akibat Pembangunan Rumah Sakit Tipe - C Desa Pilang – Sidoarjo. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 3112105008-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
3112105008-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kondisi Simpang Cemeng Kalang, Simpang Pilang dan
Simpang Wonoayu di sekitar Desa Pilang pada saat ini terlihat
bermasalah pada jam puncak pagi dan sore, sering terjadi antrian
kendaraan panjang. Hal itu disebabkan oleh banyaknya kendaraan yang
melintasi simpang tersebut. Dengan dibangunnya Rumah sakit Tipe C di
Desa Pilang tentu akan mengakibatkan adanya bangkitan dan tarikan
pada simpang maupun pada ruas-ruas jalan di sekitar lokasi
pembangunan Rumah Sakit tipe C. Untuk mengatasi masalah tersebut,
maka diperlukan manajemen lalu lintas yang lebih optimal.
Metode yang dilakukan untuk evaluasi ini adalah mengolah
data hasil survey kendaraan pada kondisi eksisting kemudian mengolah
data bangkitan. Data bangkitan dari RS Tipe C ini diperoleh dari data
pembanding RS. Siti Khodijah, RS. Matas Fatma, dan RSIA. Soerya
yang kemudian data tersebut diproyeksikan sampai tahun 2021.
Evaluasi ini dilaksanakan dengan metoda MKJI 1997.
Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan, kinerja Simpang
Cemeng dan Simpang Pilang memiliki kondisi terburuk dengan DS >
0,85 pada kondisi eksisting, setelah beroperasinya RS Tipe C, dan tahun
2021. Dengan melakukan perbaikan manajemen lalu lintas, seperti
perubahan menjadi simpang bersinyal dan pelebaran geometrik, kedua
simpang tersebut memiliki DS<0,85. Kondisi ini bertahan hingga 5
tahun ke depan. Sedangkan untuk Simpang Wonoayu, kinerjanya masih
baik yaitu DS < 0,85. Kondisi ini bertahan sampai tahun 2021
=================================================================================================
Conditions of Cemeng Kalang, Pilang and Wonoayu
intersection it look have some problems at peak morning and
afternoon hours, long queues will occur. It was caused by a
number of vehicles crossing the intersection. Because the
construction of the Type C hospital in this village, it will caused
trip generation and attraction in some intersection and on the
streets around the building site's Hospital type C. To overcome
these problems, it needs a traffic management that more optimal.
The method used for this evaluation is to process the
survey data on the condition of existing vehicles and then process
the trip generation. Trip generation from Type C RS was obtained
from hospital comparativ likes Siti Khodijah, Fatma and Soerya
Hospitals. Then it’s projected to the 2021. Evaluation was
carried out by the method of MKJI 1997.
From the results of evaluations that have been conducted,
performance from Cemeng and Pilang Intersectiton have the
worst conditions with DS>0.85 on the existing condition, after the
operation of the Type C Hospitals, and in 2021. By doing traffic
management, such as changes become signalized intersections
and widening geometric, the second intersection has DS<0.85.
This condition lasted until the next 5 years. As for Wonoayu
Intersection, the performance is still better that DS <0.85

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: RSS 388.413 12 Har m
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 08 Jan 2021 03:04
Last Modified: 08 Jan 2021 03:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82384

Actions (login required)

View Item View Item