Mozes, Yoanne Flantine (2021) Evaluasi Website Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur: Integrasi UTAUT2 dan IS Success Model. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
09211850054008-Master_Thesis.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan TIK saat ini semakin pesat dan maju pada segala bidang kehidupan termasuk di dalamnya bidang e-government. Inpres Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government dan Perpres RI Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik telah menjadi payung hukum dalam penyelenggaraan fungsi SPBE dengan memanfaatkan infrastruktur TI. Supaya penerapan e-government mampu memberikan manfaat yang optimal, maka pelaksanaan e-government haruslah mencapai kondisi yang sempurna. Inilah yang kemudian menjadi perhatian di berbagai negara dunia dan juga Indonesia untuk melakukan evaluasi guna mengetahui sejauhmana e-government mampu diimplementasikan dengan baik dan memberikan manfaat bagi pembangunan berkelanjutan.
PBB melalui survei Peringkat EGDI (E-Government Development Index) dunia telah menampilkan hasil pelaksanaan e-government negara-negara dunia, dan Indonesia berada pada peringkat ke-107 dunia, sedangkan untuk kategori negara ASEAN, Indonesia berada pada peringkat ke-7. Dalam ranah Indonesia, survei peringkat e-government pertama kali dilakukan oleh Kementerian Kominfo RI yang dinamakan PeGI (Pemeringkatan e-Government Indonesia) dimulai sejak tahun 2007 sampai dengan 2015. Selanjutnya, pada tahun 2019 dilakukan kembali evaluasi terhadap implementasi e-government oleh Kementerian PAN-RB RI dengan nama Evaluasi SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).
Penilaian SPBE mengacu pada 3 domain yakni Kebijakan, Tata Kelola dan Layanan SPBE. Dalam Evaluasi SPBE Tingkat Provinsi Tahun 2019, Pemerintah Provinsi NTT berada pada kategori cukup dengan nilai index 2,24. Hasil ini memberikan kekuatan secara umum bagi Pemerintah Provinsi NTT akan adanya peningkatan dan keseriusan dalam melaksanakan SPBE di daerah. Aplikasi SPBE untuk peningkatan layanan SPBE yang dilaksanakan oleh Provinsi NTT salah satunya adalah layanan website www.nttprov.go.id. Layanan ini menjadi identitas pelaksanaan SPBE yang terpadu dan terintegrasi dalam operasional proses bisnis pemerintahan yang berorientasi pada masyarakat sebagai pengguna. Aplikasi layanan SPBE yang diimplementasikan ini perlu dilakukan evaluasi untuk diketahui sejauhmana kesuksesan dan penerimaan penggunaan layanan tersebut.
Banyak model yang dapat digunakan untuk mengukur kesuksesan dan penerimaan penggunaan teknologi. Pada penelitian ini dikembangkan model pengukuran kesuksesan dan penerimaan penggunaan layanan e-government yang lebih komprehensif pada instansi pemerintahan berdasarkan dua teori model yaitu model UTAUT2 (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology2) dan model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean (D&M Model IS Success System). Pengintegrasian kedua model ini akan memberikan representasi hasil lebih baik atas faktor behaviour intention untuk mengakses layanan e-government website pemerintah Provinsi NTT.
Penelitian ini menggunakan metode survey online dengan memanfaatkan dokumen Google Document Forms. Metode yang digunakan untuk menganalisis adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan aplikasi AMOS. Adapun model yang dibangun dalam penelitian ini adalah menghubungkan beberapa variabel pengukuran yaitu kualitas informasi, kepuasan informasi, kualitas sistem, kepuasan sistem, kualitas dukungan, kepuasan dukungan, harapan kinerja, harapan usaha, pengaruh sosial, motivasi hedonis, nilai harga, dan kebiasaan terhadap niat perilaku pengguna untuk menggunakan website Pemerintah Provinsi NTT www.nttprov.go.id.
Hasil penelitian terhadap 14 hipotesis yang dikembangkan menunjukkan bahwa terdapat delapan hipotesis yang diterima yaitu information satisfaction secara positif dan signifikan mempengaruhi performance expectancy, system quality secara positif dan signifikan mempengaruhi information quality, system satisfaction secara positif dan signifikan mempengaruhi information satisfaction, system quality secara positif dan signifikan mempengaruhi system satisfaction, system satisfaction secara positif dan signifikan mempengaruhi effort expectancy, support quality secara positif dan signifikan mempengaruhi support satisfaction, hedonic motivation secara positif dan signifikan mempengaruhi behaviour intention to use website, dan habit secara positif dan signifikan mempengaruhi behaviour intention to use website, serta habit yang memiliki pengaruh terhadap behaviour intention to use website yang dimoderasi oleh experience.
Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pelaksanaan tata kelola dan layanan SPBE di Provinsi NTT khususnya pada aplikasi layanan website www.nttprov.go.id berupa peningkatan penyediaan informasi terkini, lengkap dan relevan secara online, penyediaan sistem layanan yang terintegrasi antar Perangkat Daerah, penyediaan sistem navigasi yang mudah diakses dan waktu respon yang cepat, ketersediaan link yang dapat diandalkan serta dukungan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendorong peningkatkan niat perilaku pengguna dalam menggunakan aplikasi layanan SPBE www.nttprov.go.id.
========================================================================================================================================
The current development of Information and Communication Technology (ICT) is growing rapidly and advancing in all fields of life including e-government. Presidential Instruction Number 3 of 2003 concerning National Policy and Strategy for E-Government Development and Presidential Regulation Number 95 of 2018 concerning Electronic-Based Government Systems has become a legal umbrella in the implementation of SPBE functions by utilizing IT infrastructure. In order to provide the optimal benefit in implementing e-government, its implementation must achieve perfect conditions. This is what has come to the attention of various countries in the world and also Indonesia to conduct an evaluation to find out how far e-government is able to be implemented properly and provide benefits for sustainable development.
The United Nations through the world ranking survey of EGDI (E-Government Development Index) has displayed the results of the implementation of e-government in the countries of the world, and Indonesia is ranked 107th in the world, while for the ASEAN countries category, Indonesia is ranked 7th. In the realm of Indonesia, the first e-government ranking survey conducted by the Ministry of Communication and Information Technology of the Republic of Indonesia called PeGI (Indonesian e-Government Rating) began from 2007 to 2015. Furthermore, in 2019 an evaluation of e-government implementation by the Ministry of PAN-RB RI was conducted again with the name Evaluation of SPBE (Electronic-Based Government System).
SPBE assessment refers to 3 domains, namely Policy, Governance and SPBE Services. In the Provincial SPBE Evaluation in 2019, the NTT Provincial Government was in the sufficient category with an index value of 2.24. This result provides general support for the NTT Provincial Government to increase and implement SPBE seriously in the regions. SPBE application to improve SPBE services implemented by NTT Province one of which is the website service www.nttprov.go.id. This service becomes the identity of the implementation of integrated SPBE in the operation of government business processes that are oriented towards the community as users. SPBE Service Application that is implemented needs to be evaluated to find out the extent of success and acceptance of the use of the service.
Many models can be used to measure the success and acceptance of using technology. In this research, a more comprehensive measurement model for success and acceptance of e-government services was developed in government agencies based on two model theories, namely UTAUT2 and IS Success. Integration of these two models will provide a better outcome representation of the behavioral intention factor to access e-government services on local government websites.
This research uses an online survey method with utilizing Google Document Forms. The method used to analyze is the Structural Equation Model (SEM) using the AMOS application. The model built in this research is connecting several measurement variables, namely information quality, information satisfaction, system quality, system satisfaction, support quality, support satisfaction, performance expectancy, effort expectancy, social influence, hedonic motivation, price value, and habits towards behaviour intention to use the NTT Provincial Government website www.nttprov.go.id.
The results of the research on the 14 hypotheses developed show that there are eigth accepted hypotheses, namely information satisfaction positively and significantly affects performance expectancy, system quality positively and significantly affects information quality, system satisfaction positively and significantly affects information satisfaction, system quality positively and significantly affects system satisfaction, system satisfaction positively and significantly affects effort expectancy, support quality positively and significantly affects support satisfaction, hedonic motivation positively and significantly influences behavior intention to use website, habits positively and significantly influences behavior intention to use website, and habits that have an influence on behavior intention to use website are moderated by experience.
In this research, there are recommendations resulted for the implementation of SPBE governance and services in NTT Province especially in website services application www.nttprov.go.id in the form of increasing the provision of up-to-date, complete and relevant online information, providing an integrated service system between regional devices, providing an easily accessible navigation system and fast response times, availability of reliable links and support for adequate facilities and infrastructure to encourage increased user behavioral intentions in using the SPBE www.nttprov.go.id services.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Government, Website, UTAUT2, IS Success, SEM |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Yoanne Flantine Mozes |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 05:38 |
Last Modified: | 27 Jan 2024 08:32 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/82651 |
Actions (login required)
View Item |